Me vs Insomnia

Ayo ngaku siapa yang disini masih belum terbiasa untuk menerapkan kembali pola tidur normal setelah melakukan aktivitas Work From Home? Semenjak WFH banyak aktivitas yang berubah baik itu waktu kerja, waktu tidur, bahkan waktu makan. Namun saat ini sudah banyak kegiatan yang memasuki era New Normal dimana aktivitas WFH selama 3 bulan mau-tidak-mau, suka-tidak-suka harus berubah kembali.

Nahhh jadi gimana sih caranya untuk menerapkan kembali pola tidur sehat dan normal setelah lama WFH dan memasuki era New Normal ini? Ini dia 4 tips yang dapat kamu lakukan untuk memerangi insomnia / susah tidur / pola tidur yang tidak sehat :

1. Sadar Waktu

Permasalahan yang cukup nyata dalam bekerja secara WFH adalah jam kerja yang kadang tidak ada habisnya. Nah karena saat ini sudah memasuki New Normal dan banyak pekerja yang sudah menerapkan jam kerja seperti biasanya, maka kita harus sadar waktu. Mengetahui kapan kita harus berhenti melakukan aktivitas pekerjaan. 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk aktivitas refreshing dan 8 jam untuk istirahat.

2. Jauhkan Handphone

Nah tips kedua ini sebenernya sih bukan hanya faktor era WFH saja, melainkan permasalahan yang umum dan hampir jadi masalah semua orang. Salah satu faktor kita sulit tidur karena kita terlalu asik menggunakan handphone. Cara ampuh untuk menghentikan kegiatan tersebut adalah dengan menjauhkan handphone saat sudah waktunya istirahat, dan gunakan penutup mata saat akan tidur. Usahakan untuk silent handphone atau gunakan mode sleep agar kita fokus istirahat dan tidak kepo untuk buka handphone lagi.

3. ALARM

Tips ketiga adalah gunakan Alarm. Maksimalkan penggunaan alarm untuk mengingatkan kita kapan waktunya selesai bekerja, kapan waktunya kita harus istirahat, dan kapan waktunya kita untuk mulai tidur (atau siap-siap tidur). Mungkin tips ini bisa dilakukan berkala contohnya pasang alarm 1jam sebelum dari waktu biasanya kita tidur, lalu kurangi secara berkala sampai akhirnya terbiasa dan alarm di set di jam waktu tidur normal. 

4. Terpaksa Agar Terbiasa

Lalu untuk tips terakhir adalah lakukan 3 point diatas dengan cara dipaksa hehehe. Kita harus push diri kita sendiri untuk melakukan hal diatas dengan terpaksa agar dapat menjadi sebuah kebiasaan. Mungkin aktivitas memperbaiki jam tidur normal akan terasa sulit, namun jika dilakukan secara berkala maka lambat laun kita akan bisa kembali ke pola tidur sehat atau normal kita.


Nah YOTers mungkin kalian bisa coba 4 tips diatas untuk memperbaiki pola tidur kamu yang saat ini tidak sehat atau selalu tidur sangat larut, bahkan insomnia sampai tidak ada waktunya mata dan pikiran untuk istirahat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *