Jarimu Adalah Jerujimu, Masa Sih?

Jarimu adalah Jerujimu, Masa Sih?

“Sampah masyarakat, udah jelek hidup lagi. Jijik.”

“Manusia kayak gini gak pantes hidup.”

“Calon-calon penghuni neraka nih.”

 

Berbagai kalimat diatas pasti banyak kita jumpai di kolom komentar media sosial public figure. Bak seorang Tuhan, netizen-netizen yang maha benar ini mudah sekali nge-judge seseorang sebagai penghuni neraka. Nah, yang seperti ini jangan ditiru ya YOTers. Apalagi kalau kamu gak kenal dengan orang yang kamu komenin itu.

Seiring dengan berkembangnya media sosial, banyak orang yang merasa ia bisa mengatakan apapun yang ia mau tanpa di filter terlebih dahulu. Mereka merasa bebas menuliskan komentar jahat karena merasa aman dan tidak terlihat. Berbagai perkataan kasar dan tidak pantas seperti menyebutkan penghuni kebun binatang, penghinaan, mengutuk, dan lain-lain dapat disampaikan dalam hitungan detik.

Padahal, komentar jahat ini bisa dituntut atas pencemaran nama baik dan hate speech, dan bisa dipidanakan karena UU ITE atau Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

UU ITE adalah ketentuan yang mengatur perlindungan hukum atas segala kegiatan yang dilakukan melalui media internet. Memberikan komentar jahat dapat dijerat UU ITE pasal 27 tentang pembuatan dan pendistribusian konten yang menghina dan mencemari nama baik, serta memeras dan mengancam.

Nah, kalau sudah begini. Pelaku komentar jahat bisa dikenakan tindak pidana. Gak main-main loh YOTers, hukumannya bisa pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta.

Jangan sampai ya YOTers, jari kamu mengantarkan kamu ke penjara. Bijaklah dalam menggunakan media sosial ya. Gunakan media sosial untuk berbagi hal positif.

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

2 thoughts on “Jarimu Adalah Jerujimu, Masa Sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *