Tips Membuat Slide Presentasi yang Efektif

Ini Dia Tips Membuat Slide Presentasi yang Efektif!

Siapa sih yang gak pernah disuruh presentasi? Pastinya kamu pernah dong, entah saat sekolah, kuliah, maupun kerja. Nah, agar presentasimu berjalan baik, kamu perlu membuat slide presentasi. Dalam membuat slide presentasi tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Karena, slide presentasi merupakan materi dari apa yang ingin kita sampaikan kepada audiens kita. Tentunya, slide presentasi juga harus mudah dimengerti oleh audiens kita. Terus, gimana sih cara membuat slide presentasi yang efektif? Berikut tipsnya!

  1. Catat poin-poinnya saja

Ingat ya, kamu ingin membuat power point bukan paper point. Jadi catatlah point-point nya saja, karena tujuan slide presentasi adalah untuk menjelaskan sesuatu dengan baik. Bukan memberikan informasi sebanyak-banyaknya.

 

  1. Perhatikan font

Kamu cukup gunakan maksimal 2 font type saja ya YOTers. Perhatikan juga font size yang kamu gunakan. Jangan sampai terlalu kecil atau terlalu besar. Bahkan yang lebih fatal warna font dan background mirip sehingga font menjadi tidak terbaca.

 

  1. Ada satu ide di setiap satu slide

Artinya satu slide mewakili satu ide, jadi menjelaskannya bisa lebih singkat dan fokus. Makin banyak ide dalam satu slide juga semakin lama menjelaskannya.

 

  1. Pilih gambar yang memiliki makna

Tujuan utama adanya gambar di slide presentasi adalah untuk menarik perhatian audiens. Kamu gak perlu menggunakan gambar yang literal. Kamu bisa menggunakan gambar-gambar yang memiliki makna tapi harus nyambung sama slide presentasimu ya.

 

  1. Gak perlu mikirin design yang ribet

Slide presentasimu gak perlu rame kayak pasar malem. Buatlah simple namun berisi. Kamu gak perlu menggunakan berbagai tools atau warna-warna yang heboh.

 

Nah itu dia, berbagai tips membuat slide presentasi yang efektif. Kuncinya buatlah se-simple mungkin ya agar mudah dimengerti. Semakin simple slide kamu, akan semakin efektif juga presentasi kamu. Selamat mencoba!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

7+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *