Pahami 5 Sifat Rekan Kerja yang Berusaha Menjatuhkan Kita

Pahami 5 Sifat Rekan Kerja yang Berusaha Menjatuhkan Kita

Kerja itu udah seharusnya untuk cari rezeki, bukan cari muka, iya gak? Tapi, yang namanya lingkungan kerja itu gak selalu sesuai dengan yang kita harapkan. Salah satunya adalah rekan kerja yang bisa berpengaruh sama kinerja kita juga. Kalo rekan kerjanya asik sih, kita juga bisa bekerja dengan asik juga. Tapi, kalo yang mau cari muka dan pengen menjatuhkan teman kerjanya yang lain? Hmm tentunya bikin kita jadi gak betah kerja.

Penting bagi kita untuk mengetahui 5 sifat teman kantor yang berusaha menjatuhkan kita. Apa aja? Ini dia:

  1. Menebar rumor ke lingkungan kerja
    Mereka yang gak suka sama kita akan menebar isu atau gosip tentang kita, baik urusan personal maupun profesional. Hal ini dilakukan seseorang agar semakin banyak lagi orang yang gak suka sama kita. Padahal, yang disebar itu adalah gosip dan belum jelas kebenarannya. Rumor yang negatif ini tentunya juga bisa berpengaruh sama reputasi kita di perusahaan dan bisa berpengaruh sama kinerja kita juga. Kalau kamu ada di lingkungan yang seperti ini, ada baiknya untuk menjauh ya agar tidak terpengaruh hal buruk.
  2. Selalu membandingkan kinerja di depan atasan
    Seseorang yang berniat menjatuhkan sering membandingkan kinerja dirinya dengan orang lain yang ia anggap lawan. Bahkan, terkadang gak cuma di depan atasan, tapi juga di depan tim. Kalau tujuannya untuk menginspirasi yang lainnya supaya bisa berhasil dalam bekerja sih boleh banget, tapi kalau mau menjatuhkan yang lainnya? Wah ini sih bener namanya.
  3. Gak suka liat kamu berhasil
    Hati dan kepala rekan kerja yang membencimu bakalan panas banget kalau tau kamu berhasil mencapai target dan mendapat pujian serta apresiasi dari kantor. Mulai dari menebar rumor, mencari kesalahan sampai hal lain yang bisa membuat reputasi seseorang yang dibenci bisa hancur seketika. Terkesan kejam, tapi hal ini masih banyak ditemui di berbagai perusahaan.
  4. Suka mencari kesalahan
    Di depan kamu sih baik-baik aja layaknya semua berjalan sempurna. Tapi, berlaku sebaliknya kalo di belakang kamu. Terutama sering banget melempar kesalahan ke kamu, padahal itu adalah kesalahannya. Atau malah sengaja acuh sama kesalahan yang kamu buat, tapi dibiarkan dengan tujuan kamu ditegur oleh atasan. Padahal satu kantor harusnya sama-sama bisa bekerja dengan baik, agar tujuan dan cita-cita bersama di sebuah perusahaan bisa terealisasikan.
  5. Berlaku layaknya atasan
    Padahal berada di struktur jabatan yang selevel, tapi suka merintah bahkan kasih pekerjaan di luar job desk-mu. Padahal, ia gak punya wewenang untuk itu, karena ia bukan atasanmu. Sebagai rekan kerja sudah seharusnya untuk saling bertanggung jawab dan mengingatkan satu sama lainnya supaya pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Nah itu dia 5 sifat rekan kerja yang berusaha menjatuhkan kita. Kalau mau bersaing, harus dilakukan secara sehat, yaitu dengan menunjukkan kinerja dan kontribusi, bekerjasama dengan tim, komunikasi yang baik. Bukan dengan cara yang bertujuan untuk menjatuhkan yang lainnya hanya untuk mendapatkan apresiasi dari atasan atau validasi dari lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *