Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden YOT BALIKPAPAN : Visi Misi Muhammad Nurhidayatur Rozikin dan Alfi Anwar

HI YOTers!!!

Penasaran tidak dengan kami calon presiden dan wakil presiden YOT Balikpapan, yuk disimak pemaparan visi misi kami.

Ada pepatah mengatakan bahwa ‘’jika tak kenal, maka tak sayang’’ maka dari itu perkenalkan lah kami pasangan calon president dan vice president YOT Balikpapan nomor urut 01 :

Salam kenal calon president YOT Balikpapan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan nama saya Muhammad Nurhidayatur Rozikin, dimana teman-teman banyak memanggil saya Rozikin, saya ahir pada 09 November 1999 (anak pertama dari 4 bersaudara) merupakan kelahiran dari kota yang mendapat julukan kota Tepian yaitu Samarinda. Jika dihitung dengan Kalkulator pasti semua tau dengan usia saya, yang tentunya akan muncul angka usia 19 tahun jalan 20 tahun. Masih terbilang muda serta memiliki semangat serta motivasi yang besar. Saat ini saya Calon Penerus masa depan itu berkuliah di Institut Teknologi Kalimantan jurusan Teknik Material dan Metalurgi. semester 4. Pengalaman saya selama kuliah ialah menjadi, staf magang riset dan teknologi KM ITK Kabinet Kolaborasi. Staf magang keprofesia HIMA TMM Harmoni Alterasi serta staf magang kaderisasi LDK, Asisten laboratorium Fisika Dasar. Kemudian sekarang staf RISTEK KM ITK Kabinet Aspirasi dan staf RISTEK Matrixs ITK kemudian anggota divisi program YOT Batch 4. Saya adalah tipe orang yang suka menerima tantangan dan aktif, kemudian rasa ingin tau yang besar. Bukan tentang apa yang diberikan terhadap kita melainkan apa yang kita berikan itulah

Salam kenal calon vice president YOT Balikpapan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan nama saya Alfi Anwar biasa dipanggil dengan  nama alfi lahir dikota Balikpapan pada tanggal 23 agustus 1998 (anak ketiga dari tiga bersaudara). Yap , umur saya sekarang sudah 20 tahun dan isyallah pada umur segini umumnya telah memiliki pemikiran dan persiapan yang sangat matang untuk mengambil sebuah keputusan yang baik dan tepat, hehe. Pada tahun 2017 saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Kalimantan dengan program studi Teknik Mesin dan sekarang masih berjuang di semester 4. FYI, saya adalah mahasiswa dengan jiwa muda yang sangat suka hal baru dan belum pernah dilakukan sebagai tantangan baru dengan tujuan meningkatkan rasa tanggung jawab pada suatu hal. Dari banyak hobi yang saya sukai, yang paling berkesan dihati ialah memasak dan bermain futsal. Sampai saat ini, organisasi yang telah saya ikuti adalah asmawarman team divisi electrical, kapem Teknik mesin & Teknik Industri tahun 2018, staf eksternal Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM) Institut Teknologi Kalimantan dan YOT Balikpapan batch 4 divisi PGA. Sedikit kata penutup dari saya ”kesetimbangan antara softskill dan hardskill adalah kunci nomor satu untuk membentuk tonggak dari team work yang kokoh dan tidak rapuh dari segala masalah yang menghalang sehingga dapat meraih tujuan yang telah dicita-citakan, dan hal itu semua telah saya dapat dari berbagai organisasi dan salah satunya yang paling ber impact atau berdampak dengan meningkatnya softskill dan hardskill terkhusus softskill saya ialah YOT Balikpapan”.

VISI :

”Terwujudnya YOT Balikpapan sebagai komunitas pemuda yang berkarakter dan bersinergi dalam menggali potensi diri serta peduli terhadap lingkungan sekitar”

 

MISI :

Untuk dapat mewujudkan visi kami, maka terbentuklah misi untuk menunjang dan mewujudkan visi tersebut ialah sebagai berakat :

  1. Menumbuhkan karakter dan semangat dalam menggali potensi diri
  2. Membangun hubungan internal berdasarkan asas kekeluargaan
  3. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar
  4. Bersinergi dalam menjalin hubungan baik internal dan eksternal
  5. Mewujudkan keseimbangan agar program kerja dapat tercapai secara optimal

Program kerja unggulan kami ialah sebagai berikut:

  1. Ruang diskusi
  2. Bina desa
  3. Wadah budaya & literasi
  4. YOT visit
  5. YOT sport time

Ruang diskusi  adalah suatu wadah ataupun media dalam hal saling sharing dan berdiskusi ataupun mengkaji suatu isu permasalahan dalam suatu tema tertentu baik secara internal anggota yot maupun eksternal dengan komunitas lain. Dimana output dari kegiatan ini adalah agar dapat membentuk pikiran yang kritis, berani dalam mengungkapkan pendapat, peka terhadap isu ataupun permasalahan yang ada serta tentunya menjalin silaturahmi terhadap internal maupun eksternal.

 

Bina desa  adalah suatu bentuk kegiatan kunjungan kesebuah desa dengan melakukan kegiatan positif yang dikemas menarik serta memiliki dampak bagi desa tersebut. Outputnya adalah membantu sebuah permasalahan yang ada di desa serta menumbuhkan jiwa kepedulian dan sosial.

 

Wadah budaya & literasi adalah bentuk kegiatan sebagai pengembangan diri terhadap minat berbudaya serta menumbuhkan minat baca bagi generasi muda. Dengan suatu konsep yang menarik terhadap pelestarian budaya serta literasi pemuda. Output nya menjadikan pemuda yang berbudaya dan memiliki semangat literasi yang besar.

 

YOT visit adalah bentuk kegiatan kunjungan kekota lain ataupun dapat melakukan  kunjungan kesebuah perusahaan/tempat yang memiliki edukasi serta wawasan yang besar. Output nya adalah menambah wawasan serta relasi dengan hubungan luar terkait kunjungan yang dilakukan.

YOT sport time adalah bentuk kegiatan yang dirancangkan rutin dilakukan sebagai bentuk mengembangkan semangat berolahraga serta hidup sehat dan akan menambah rasa kekeluargaan.. Outputnya adalah menjalin kedekatan dan keakraban terhadap sesama anggota.

 

Alasan Mengapa Kami Layak Terpilih :

Berbicara mengenai mengapa kami pantas menjadi President dan Vice President YOT BALIKPAPAN BATCH V kami ingin berkarya bersama keluarga kami yaitu seluruh pemuda di Balikpapan dalam melakukan hal positif dan turut bersinergi untuk menjadi sebuah pengembangan karakter yang kemudian akan sebagai bentuk inspirasi baik lingkup kota maupun seluruh pemuda tanah air. Kemudian kami telah menyelesaikan semua program kerja di YOT Batch IV, dengan menyelesaikan secara baik dan bertanggung jawab.  Berjiwa pemimpin tentunya semua orang pasti bisa mendapatkannya, namun disini yang dicari adalah bukan hanya sebagai seorang Pemimpin, melainkan orang yang bisa dalam berbagai kondisi baik memimpin, dipimpin, ataupun diantara. Seperti bahasa sansekerta yaitu Ingarso sung tullodo, ing madyo mangunkarso, Tut wuri handayani, hal ini terlihat sederhana serta terkait dengan pendidikan kita namun sangatlah mendasar bagi sebuah penumbuhan karakter dan bentuk nyata bagi sebuah pemimpin. Dibelakang kita sebagai pendorong serta pemicu semangat dalam ikut serta mengontrol bersama dalam satu tujuan dan visi yang sama, yang mana sikap untuk tidak pernah putus asa dalam mengambil sebuah tindakan. Serta diantara kita sebagai penggerak dan dalam kondisi semua memiliki hak yang sama, berjalan beriringan saling mendampingi dan peduli untuk melangkah bersama menjadi sebuah kerja tim yang baik. serta didepan yaitu memberikan contoh ataupun panutan yang baik dan selalu peka terhadap apa yang dibutuhkan dan komitmen untuk tetap bertahan tanpa mengenal putus asa serta dengan hati yang ikhlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *