Kenali 5 Tanda Kamu Lelah Secara Mental, Jangan Disepelekan Ya

Kenali 5 Tanda Kamu Lelah Secara Mental, Jangan Disepelekan Ya

Hidup pasti gak selalu berjalan lurus dan mulus sesuai ekspektasi kita. Ada kalanya kita menemui hambatan sampai akhirnya kita berada di titik jenuh dan lelah. Hal ini wajar dialami oleh siapa saja, tapi tentunya kita juga harus tahu tanda-tanda jika kita lelah secara mental, agar kita bisa menghadapinya.

Bacaaan untuk YOTers: Saat Gak Dapet Kepastian dari HRD Soal Lamaran Kerja

Berikut ini 5 tanda kamu lelah secara mental yang tidak boleh kamu sepelekan lagi.

  1. Mudah terbawa emosi
    Sering merasa sedih atau kesal tanpa sebab yang jelas? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda jika jiwamu sudah merasa lelah karena terlalu banyak menimbun beban. Tanda lelah secara psikis juga ditandai dengan sering merasa kesepian secara mendadak. Jika sudah merasa begini, ada baiknya untuk bercerita ke orang yang kamu percaya ya YOTers, agar dampaknya tidak berlanjut.

  2. Mudah merasa lelah
    Sudah beristirahat dan makan dengan cukup, tapi tubuh selalu merasa lelah. Bahkan, daya tahan tubuh juga ikut menurun dan sering sakit. Ini bisa terjadi kalau kamu terlalu banyak pikiran, yang berpengaruh kepada melemahnya ketahanan psikis. Jika sudah merasa lelah, ada baiknya kamu istirahat sejenak atau benar-benar keluar dari lingkaran tersebut.

  3. Kehilangan motivasi
    Tanda lelah secara mental lainnya adalah mulai hilangnya motivasi diri, bahkan untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Kamu merasa bahwa apapun yang dilakukan sia-sia dan tidak ada artinya. Kamu juga sering menunda berbagai pekerjaan yang rutin kamu lakukan sehari-hari.
  4. Mudah cemas
    Tanda lainnya adalah kamu sering merasa cemas dan memikirkan berbagai hal yang belum terjadi. Bahkan jam tidur juga sering terganggu karena hal ini, yang tentunya akan berdampak juga pada produktivitasmu di esok harinya.
  5. Sulit bahagia
    Terakhir adalah kamu sulit untuk merasakan bahagia. Bahkan, saat melakukan hal-hal yang kamu suka. Untuk aktivitas yang menyenangkan pun, kamu akan merasa berat dan bosan untuk menjalaninya. Dukungan dari lingkungan sekitar pun terasa tidak terasa dampaknya untukmu.

Itu dia 5 tanda kamu lelah secara mental. Penting banget untuk menjaga kesehatan mental dan beristirahatlah sejenak jika kamu sudah merasa lelah, agar hati dan pikiran kita tetap sehat.

Bacaan untuk YOTers: Watak Manusia Berdasarkan Hari, Tanggal, Bulan Lahir Dan Golongan Darah

Ingin membaca lebih banyak tulisan inspiratif lainnya? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

YOTNC From Home hadir kembali di tahun ini! Young On Top National Conference (YOTNC) adalah event akbar tahunan YOT yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 dengan menghadirkan speakers yang berpengalaman dan inspiratif di bidangnya masing-masing.

Setiap penyelenggaraan YOTNC dihadiri oleh sekitar 3.000 audience. Tahun ini, YOTNC mengambil tema #AnakMudaBeraniMaju. YOTNC 2021 diselenggarakan secara offline to online, di mana seluruh pengisi acara berada di satu venue, sementara peserta menonton dari rumah masing-masing. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar segera dan dapatkan berbagai inspirasi dari speakers yang berpengalaman! Klik gambar di bawah ini untuk mendaftar ya, YOTers!

speakers yotnc

3 thoughts on “Kenali 5 Tanda Kamu Lelah Secara Mental, Jangan Disepelekan Ya

    • IKA PUJI ASTUTIK says:

      Bantu jawab ya kak nisa.
      Jika kakak merasa perlu bercerita tapi susah sharing ke orang lain karena mungkin takut di judge, takut di bocorin, dsbnya.. kakak bisa ke tenaga profesional seperti psikolog.

  1. didik ananda h says:

    iyaka saya sedang mengalami nya dalam beberapa bulan ini saya juga ins om ka apa itu susah tidur jam tidur berantakan gimana ya ka cara nya agr mental saya tidak seperti itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *