Kebiasaan buruk yang akan membuat kita dibenci orang lain. Part II

Pada bagian pertama dijelaskan bahwa kita biasanya akan selalu dikenang dan ingat oleh orang lain karena kebaikan atau perilaku kebaikan kita, hal ini tidak dapat dipungkiri karena kita adalah mahluk sosial yang dipenuhi dengan komunikasi antar individu setiap saat. Setiap orang berhak berbuat baik kepada orang lain namun tidak sedikit orang yang mementingkan diri sendiri dan enggan untuk hidup saling berbagi, berempati dan memberi kebahagiaan dengan sesama nya. Tidak mudah menjadi pribadi yang dikenang dan di ingat oleh orang lain namun menjadi pribadi yang baik adalah dambaan setiap orang. Melanjutkan hal apa saja kebiasaan buruk yang tanpa disadari dibenci oleh orang lain.

 

Tidak memperhatikan pada saat orang lain berbicara

Pada saat kita berbincang dengan teman namun tidak kita perhatikan dengan melihat matanya sedikitpun tentu saja teman akan menganggapa dia tidak diperhatikan, hal ini akan fatal jika kamu lakukan karena kontak mata itu sangat perlu sebagai tanda kita menghargai dan atensi terhadap apa yang sedang dibicarakan. Hal yang harus kamu perhatikan adalah menatap matanya dan sesekali menyebut namanya, kedua hal tersebut jika dilakukan akan terasa lebih akrab dan hangat.

 

Terlalu Sering membicarakan diri sendiri

Egois dan tidak menarik ketika terlalu bangga dan selalu membicarakan diri sendiri. Komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah yang penuh dengan kegembiraan, hal ini harus kamu perhatikan namun jika kamu hanya pedulikan diri sendiri tentu akan sangat mudah di benci oleh orang lain.

 

Sikap tidak menyukai orang lain

Kita akan cenderung menyukai orang lain ketika kita berpikir seseorang menyukai kita  dan ketika berharap orang lain akan menerima kita  maka kita harus berperilaku hangat, baik dan menunjukan sifat yang positif serta menyenangkan. Jadi jika kamu menunjukan sikap ketidak sukaan terhadap orang yang kamu temui maka mereka pun kemungkinan besar akan tidak menyukai kamu.

 

Humble Bragging

Bahasa keren nya sih merendahkan diri meningkatkan mutu atau sikap menyombongkan diri secara terselubung. Seseorang yang mempunyai kebiasaan humble bragging biasanya Nampak pada kalimat yang diucapkannya. Dia akan menceritakan sesuatu secara terus menerus dan berulang tapi dengan nada merendah misalnya “ aahhh akhirnya tiba juga di tanah air, Cape banget deh keliling jarak jauh sudah dua minggu nggak  berhenti keliling Eropa”

Atau sebuah foto kamar tidur yang di set up berantakan dengan komen bertulisan “Berantakan dan selalu lusuh nggak  pernah rapih” namun bertebaran barang barang mewah keluaran terbaru. Sebuah studi dari Harvard Business School pernah mengutarakan bahwa pamer terselubung yang dibungkus dengan kalimat keluhan akan berdampak lebih buruk dibandingkan dengan pamer secara blak blakan.

 

Angkuh dan tidak punya rasa terima kasih

Enggan untuk mengucapkan terima kasih dan cenderung merendahkan orang lain dan  merasa bahwa dia lebih baik dari orang lain, sifat seperti itu harus dihindari  karena akan mudah dibenci oleh orang lain. Kita harus selalu berusaha untuk  membalas kebaikan orang lain meskipun orang yang telah membantu atau menolong kita tidak mengharapkan balas jasa kita atau pamrih, membalas kebaikan adalah sebagai rasa syukur dan terima kasih  kita kepada Tuhan yang Maha Esa.

 

Banyak Mengeluh

Semua orang hidup punya masalah dan Problema masing masing, Jika seseorang selalu mengungkapkan keluhan, kesulitan dan tidak ada yang lebih sulit dari masalah dirinya, secara otomatis akan banyak tidak disukai dan dibenci orang lain. Sifat banyak mengeluh adalah ciri orang yang dipenuhi dengan pola negative thingking, apatis, malas dan tidak bersyukur.

Banyak mengeluh adalah kebiasaan buruk yang tidak disukai orang lain dan membuat jauh dari kebahagiaan, kebiasaan mengeluh bisa menyebabkan depresi, cemas, kekhawatiran yang berlebihan dan berbagai gangguan jiwa serta gangguan  emosi lainnya.

 

Emosi yang meledak ledak

Hal ini bisa jadi pertanda mental yang tidak stabil, meluapkan emosi dan amarah boleh boleh saja selama pada takaran yang wajar dan pada tempat serta porsinya, yang tidak boleh adalah membiarkan meledak ledak dan tidak terkontrol. Emosi yang tidak stabil cenderung dikaitkan dengan mental yang tidak stabil. Terlebih jika emosi itu terpicu oleh hal hal sepele dan tidak perlu penyelesaian yang rumit.

 

Itulah beberapa hal tidak disukai dan dibenci oleh orang lain, Kebahagian tersendiri rasanya  jika kita dapat di ingat dan dikenang oleh orang lain karena kebaikan yang kita perbuat. Lakukanlah kebaikan dengan hati yang tulus untuk orang lain, agar dapat menyentuh hati lakukanlah dengan sepenuh hati.

 

See You on Top!

Yance Muchtar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *