First Job Kamu Memang Penting, Tapi Apakah Kamu Tahu Sepenting Apa?

First Job Kamu Memang Penting, Tapi Apakah Kamu Tahu Sepenting Apa

Buat YOTers yang baru-baru ini lulus kuliah, kita ucapkan selamat! Sebentar lagi kalian akan masuk ke dunia kerja dan berkarya di bidang kalian masing-masing. Mungkin beberapa dari kalian udah gak sabar untuk mendapatkan first job kalian. Tapi apakah kalian sadar bahwa first job kalian ternyata memiliki andil yang sangat besar untuk karir kamu kedepannya?

Berikut alasan-alasan kenapa first job kamu begitu krusial buat perkembangan kamu dan karir kamu seterusnya.

  1. Mengenal Industri Secara Langsung

Selama kita kuliah, kita sering baca-baca artikel atau nonton video tentang berbagai industri, seperti teknologi, F&B, ataupun industri kreatif. Sebanyak apapun yang kita dapat dari media, tetap gak ada yang bisa menggantikan exposure langsung bekerja dalam sebuah industri.

Saat kamu masuk kedalam sebuah perusahaan, pengalaman kamu pasti memberi pengetahuan baru yang spesifik dalam industri tersebut. Ini menjadi penting sampai waktu nanti karena kita gak akan bisa menguasai semua industri dalam jangka waktu kita hidup dan berkarir. Jadi, kalo first job kamu ada di industri yang kamu suka, pastikan kamu terus belajar biar jadi ahli di industri itu!

  1. Belajar Menjadi Professional

Kemungkinan besar, banyak dari kita akan kaget saat memasuki dunia kantor. Tergantung perusahaan dimana kamu dapatkan first job, budaya yang terjadi di kantor akan sangat berbeda dengan di kampus. Hal-hal seperti cara berpakaian, cara berkerjasama, sampai cara berhubungan dengan atasan, mungkin akan perlu waktu untuk kamu terbiasa.

Kalo kamu membuat kesalahan, jangan merasa kecil hati. Semua orang di dunia kerja pasti pernah salah dan ditegur. Yang penting kita cepat belajar dari kesalahan itu dan terus berkarya sebaik mungkin. Itu yang namanya professional.

  1. Menjadi Semakin Kenal dengan Diri Kamu Sendiri

Nah, kita juga harus paham kalo gak semua orang akan dapet dream job sebagai first job mereka. Ini gak jadi masalah, karena artinya first job kamu membuat kamu lebih paham pekerjaan seperti apa yang kamu sebenarnya minati. Atau, bisa aja first job yang awalnya kamu kira gak cocok sama kamu, ternyata kamu senang mengerjakannya. Untungnya, ini kan masih first job kamu, jadi perjalanan kamu masih jauh. Jadi, gak ada alasan untuk patah semangat, YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *