Punya Rumah Di Usia Muda? Bisa! Ini Tipsnya Buat Kamu Generasi Millennials

Punya Rumah Di Usia Muda Bisa! Ini Tipsnya Buat Kamu Generasi Millennials

 

Hai generasi millennials! Apa reaksi kamu saat ditanya, “kapan punya rumah sendiri?” Mungkin akan ada yang jawab “hmm nanti dulu deh,” atau “hmm mana mungkin, kan aku masih muda.” Padahal, punya rumah di usia muda itu bisa lho, asalkan kamu beneran niat dan konsisten untuk mewujudkannya. Tapi, kali ini kami mau bagi tips nih gimana caranya punya rumah buat kamu para generasi millennials. Cus!

  1. Sisihkan Pendapatan untuk Menabung

Sudah pasti kamu harus menabung setiap bulannya. Kamu harus menyisihkan sekitar 30 sampai 40% dari pendapatan kamu setiap bulannya untuk membeli rumah. Prosentase tersebut ditentukan seiring dengan semakin naiknya harga rumah setiap tahunnya. Nah biar uangnya gak kepake untuk kebutuhan lainnya, ada baiknya kamu menerapkan tabungan auto-debet, di mana tabungan kamu akan otomatis terpotong setiap bulannya. Ini cara yang efektif untuk kamu menyisihkan pendapatanmu.

  1. Anti Boros dengan Skala Prioritas

Kedua adalah jangan boros! Ingat kamu ingin membeli rumah yang di mana itu adalah kebutuhan kamu di masa depan. Kurangi kebiasaan boros seperti hangout, beli gadget di saat gadget lama kamu masih layak dipakai, travelling dan lainnya. Buat skala prioritas pengeluaran kamu setiap bulannya, seperti untuk transportasi, makan, bayar kos, kasih ke orang tua dan sebagainya. Dengan adanya skala prioritas ini tentunya akan membantu kamu dalam menentukan berapa pengeluaran kamu setiap bulannya.

  1. Bijak Menentukan Skema Pembayaran

Penting juga buat kamu untuk tahu skema pembayaran sebelum membeli rumah. Pastikan kamu sanggup untuk membayar DP dan cicilannya. Penting untuk kamu cari tahu sebanyak-banyaknya skema pembayaran dari berbagai rumah yang ingin kamu pilih salah satunya. Survey ini tentunya berguna untuk menentukan rumah mana yang akan kamu beli sesuai dengan kemampuanmu.

  1. Beli Rumah Sesuai Kebutuhan

Ini sih harus! Kamu harus membeli rumah sesuai kebutuhanmu, gak usah yang terlalu ribet mau interior ini dan itu. Karena yang terpenting adalah beli rumahnya dulu dan seiring waktu sembari kamu mengumpulkan uangnya, kamu bisa deh mempercantik rumah kamu sesuai keinginan kamu. Selain itu, maksud dari poin ini adalah menyesuaikan lokasi rumah yang mudah diakses transportasi. Atau malah kalo bisa beli rumah yang dekat dengan kantor, supaya lebih irit biaya transportasinya.

  1. Pilih KPR dengan Tenor yang Paling Panjang

Kemudahan yang didapatkan generasi millennials adalah kamu bisa mengambil tenor KPR yang paling maksimal. Saat ini banyak bank yang memberi pinjaman KPR maksimal dalam jangka waktu 25 tahun, sehingga kita para generasi millennials yang masih berusia di bawah 30 tahun bisa memanfaatkan masa tenor tersebut. Sekali lagi, kamu harus bijak menentukan hal ini ya, harus disesuaikan dengan kemampuanmu.

Nah itu dia tipsnya YOTers. Semangat buat kamu yang punya rencana untuk beli rumah ya. Inget, butuh niat dan konsistensi buat mewujudkannya. Jangan lupa juga berdoa supaya bisa terus diberikan kesehatan dan kelancaran rezeki ;D

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

4+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *