TIPS UNGGUL DI FIRST IMPRESSION SAAT INTERVIEW KERJA

Hii YOTers!

Mau berbagi pengalaman selama menjadi HRD/Human Capital bagaimana saya dan tim menilai calon – calon karyawan yang melamar dan terpilih sampai tahap interview.

Pastinya gak sedikit bahkan banyak teman – teman yang pernah dan melewati sesi interview ini dan tak jarang banyak dari teman – teman yang mungkin gagal padahal baru tahapan pertama, jika dilihat saat interview itu pertanyaannya hanya seputar tentang diri pribadi bukan seputar bagaimana keahlian kita. Kenapa demikian? Karna kami dapat melihat dan merasakan saat awal – awal bertemu atau awal – awal kalian memperkenalkan diri, apakah kalian memiliki attitude baik, percaya diri atau tidak dll. Yang perlu kalian ingat, kami para HRD / Human Capital kami bukan seorang dukun atau ahli – ahli banget dalam membaca psikologis orang tapi kami mempunyai beberapa pengalaman bagaimana calon karyawan ini akan berkerja dengan melihat first impression kalian.

Apa saja kah yang kami lihat saat interview? Berikut penjelasannya :

  1. Berpakaian Layak / rapih

First impression akan menentukan apakah anda layak dan serius mengikuti sesi interview ini. Mungkin terdengar aneh tapi jika anda meremehkan hal ini mungkin interviewee kalian memberikan catatan minus untuk CV anda meskipun kemampuan anda baik. Untuk hal ini memang tidak semua semisal untuk loker yang lebih ke seni /design tapi jika untuk posisi manajemen pemasaran mungkin ini adalah salah satu poin yang harus diperhatikan.

  1. Attitude

Attitude adalah hal yang sangat menentukan, bagaimana anda menempatkan diri anda seperti bagaimana cara anda berprilaku saat interview dengan badan tegap dan pandangan tajam yang membuat kalian akan dinilai siap dan tidak hanya sekedar ikut – ikutan saja dalam interview kali ini. Attitude memiliki banyak kualifikasi seperti prilaku sikap, tata Bahasa, attitude menghargai waktu, menghargai interviewee kalian dan bahkan attitude berpakaian. Menjaga attitude sedari datang sampai waktunya dipanggil. Maka dari itu meskipun kalian percaya diri dengan kemampuan kalian akan tetapi tidak memiliki attitude yang baik mungkin kalian akan langsung tergusur, karena kemampuan bisa diasah dan dipelajari tapi attitude adalah pembawaan yang menggambarkan bagaimana diri anda dilingkungan.

  1. Komunikasi

Point komunikasi ini sangat penting untuk menggambarkan bagaimana anda siap atau tidak dalam mengikuti proses interview tersebut. Dimana kalian harus mengatur dan membuat pola komunikasi agar informasi yang ingin kalian sampaikan bisa sesuai tanpa harus berpanjang lebar, singkat padat jelas itu hal yang kami HRD ingin dengar. Bukan cerita Panjang lebar tentang cerita hidup atau sekedar penjelasan yang ngalor ngidul Bahasa jermannya hehe. Intinya apa yang ditanyakan oleh Interviewee jawab sesuai pertanyaannya tidak perlu diimprove , itu akan membantu anda dinilai dapat memenuhi sesuatu sesuai dengan porsinya.

  1. Ontime

Ontime adalah hal yang akan lihat karena menandakan anda adalah orang yang menghargai waktu dan akan direfleksikan bagaimana cara anda menghadapi deadline. Maka jika mendapatkan jadwal interview, datanglah maksimal 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan agar dapat dilihat anda serius dan menghargai undangan interview tersebut. So jangan suka telat guys !!

 

Baik sekian sharing saya hari ini semoga bermanfaat mungkin tidak semuanya betul tapi apa salahnya dicoba dan dijadikan perhatian teman – teman.

 

Terimakasih,

Akmal – Human Capital Staff

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *