Jawaban untuk HRD yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Apa Rencanamu 5 Tahun ke Depan

Tips Interview Jawaban untuk HRD yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Apa Rencanamu 5 Tahun ke Depan

Saat interview kerja, pasti kita akan mendapatkan pertanyaan ‘apa rencana kamu 5 tahun ke depan?” atau “apa yang ingin kamu capai 5 tahun ke depan?”.

Nah, buat first jobber tentunya ini jadi hal yang sangat membingungkan untuk dijawab. Karena, pastinya jawaban ini juga akan berpengaruh terhadap hasil interview-nya. Terus, apa aja jawaban yang bisa kamu berikan ke HRD saat diberikan pertanyaan tersebut? Berikut Young On Top berikan tipsnya untuk kamu.

Baca juga:

CV ATS Friendly atau CV Kreatif, Mana yang Lebih Optimal?

Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

Pertanyaan Jebakan yang Sering Ditanyakan HRD Saat Interview Kerja

1. Punya Jenjang Karir yang Lebih Baik

Gak mungkin dong dalam 5 tahun ke depan kamu hanya menjabat di posisi yang sama dan gak pengen dapet promosi jabatan? Tentunya kamu bisa menyampaikan hal ini saat diberikan pertanyaan apa rencanamu 5 tahun ke depan. Kalau kamu melamar kerja di posisi junior, lima tahun lagi kamu sudah harus ada di posisi senior.

Kalau sekarang kamu menjabat sebagai Marketing atau Sales, 5 tahun ke depan kamu udah harus menjadi Head of Marketing atau Sales Manager. Intinya dalam poin ini kamu menjelaskan sudah ingin mencapai cita-cita kamu.

2. Kamu Ingin Memberikan Dampak Positif Bagi Perusahaan

Hal yang harus kamu capai dalam 5 tahun ke depan juga salah satunya adalah memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut. Misalnya kamu memiliki target pencapaian ingin memperluas jaringan bisnis dari perusahaanmu atau dari sisi internal kamu ingin memperbaiki sistem manajemen yang sudah ada.

Baik dari internal maupun eksternal, kamu harus memberikan dampak positif yang mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan maupun perusahaan.

3. Tunjukkan Sisi Ambisius Namun Tetap Optimis-Realistis

Dalam menjawab berbagai pertanyaan tentunya kamu harus menyampaikan dengan rasa antusias yang tinggi, karena itu akan jadi poin plus tersendiri di mata HRD untuk menerima kamu bekerja di perusahaan tersebut. Nah kalau kamu ditanya mau jadi apa 5 tahun ke depan, kamu boleh lho jawab mau jadi CEO, Direktur atau Pengusaha Sukses. Terdengarnya mungkin terlalu jauh impiannya. Tapi, tetap realistis untuk dicapai kok kalo kamu punya kinerja dan kontribusi yang baik.

Nah itu dia beberapa jawaban yang bisa kamu berikan kalo kami ditanya sama HRD mengenai apa rencana kamu dalam 5 tahun ke depan. Semangat meraih mimpi YOTers!

Sebelum mengikuti proses interview dengan HRD yang sesungguhnya, yuk latihan dulu dengan kuis ini!

Yuk, latihan interview HRD!

Interview Sekarang

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk  kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih Banyak Bacaan Menarik Lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *