Cara Menjalin Mitra Bisnis yang Sukses Bersama Temanmu

Cara Menjalin Mitra Bisnis yang Sukses Bersama Temanmu

Kamu yang pernah menjalin bisnis bareng temanmu, pasti pernah merasakan kalau segalanya tidak selalu berjalan dengan baik. Saat semuanya diawali dengan gagasan yang disusun bareng-bareng dengan memikirkan segala risikonya, namun saat di tengah jalan ternyata sering menemui rintangan dan tantangan. Bahkan akhirnya muncul konflik hingga membuat hubungan pertemananmu jadi berantakan.

Tapi, kamu jangan putus asa dulu. Karena, setiap bisnis yang dijalankan pasti memiliki tantangannya masing-masing. Nah, loyalitas pertemananmu itu ditentukan dari bagaimana cara kalian mengatasi masalah tersebut. Berikut ini kami berikan tips bagaimana cara menjalin mitra bisnis yang sukses, dilansir dari Inc.com.

  1. Tentukan Nilai Inti, Tujuan dan Visi

Jangan pernah memulai bisnismu tanpa menentukan nilai, tujuan dan visi yang kuat. Kalau sampai aspek ini gak ada, jangan berharap bisnismu ini akan bertahan dalam jangka panjang. Dengan hal ini juga kamu bisa mengukur kompetensi teman kamu mengenai sejauh mana kesiapan dalam berbisnis. Rekan bisnis dengan visi masa depan yang kuat dapat membuat langkah jangka panjang lebih berani karena memiliki tujuan yang jelas.

 

  1. Pastikan Semua Orang Mendapatkan Keadilan

Kamu harus hitung apa yang temanmu sumbangkan dalam bisnis kalian. Uang, waktu, gagasan, aset dan reputasi diubah menjadi beberapa poin untuk mendefinisikan pemecahan ekuitas. Seiring dengan kontribusi tambahan yang diberikan, berikan lagi poin tambahan. Ini akan membantumu dalam memastikan bahwa tiap orang akan mendapatkan keadilan.

 

  1. Tentukan Peran dan Tanggung Jawab

Bisnis bersama temanmu akan menjadi jelas jika masing-masing orang telah ditentukan harus melakukan apa, seperti apa tanggung jawabnya. Ketika satu orang tidak menunjukkan performa yang bagus, maka satu tim harus bekerja dan mendukungnya. Kalau dirasa belum pas, ubahlah peran yang sudah ditetapkan sehingga bisa terlihat siapa yang berkualitas dalam memegang peran tersebut.

 

  1. Menentukan Keputusan

Bagaimana cara kalian menentukan keputusan adalah kunci dari kesuksesan bisnismu. Bisnis bersama yang hebat ialah memiliki proses tata kelola yang baik dan seimbang. Intinya, kamu dan tim harus bisa menentukan siapa yang akan terlibat, bagaimana kapasitasnya sehingga tidak akan salah dalam menentukan keputusan.

 

  1. Tentukan Rencana

Sudah pasti yang satu ini adalah salah satu aspek penting yang gak boleh kamu lupain. Buatlah perencanaan tentang apa yang harus dilakukan, bahkan ketika kamu menemui jalan buntu ketika menghadapi masalah. Dalam menjalankan bisnis tentu kamu akan dihadapkan dengan berbagai masalah beserta tingkatannya. Pertama, untuk keputusan tingkat rendah, mungkin bisa diselesaikan antar pribadi. Kedua, untuk keputusan tingkat menengah, harus ada pengambilan suara. Ketiga, untuk masalah utama, kamu membutuhkan bantuan luar seperti mediator untuk menengahi. Itulah mengapa, rencana diperlukan dalam hal ini.

Itu adalah tips bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis bersama temanmu. Semakin baik perencanaannya, semakin baik pula bisnis tersebut berjalan.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *