Pentingnya Berorganisasi Untuk Bekerja

Pentingnya Berorganisasi Untuk Bekerja

Memasuki dunia kerja emang gak semulus dengan apa yang kita bayangkan. Banyak hambatan yang menemui kita, salah satunya adalah kamu dirasa kurang memiliki pengalaman dalam bekerja. Terus, gimana caranya biar dapet kerja meskipun belum memiliki pengalaman alias fresh graduate?

Jangan salah, pengalaman kerja itu gak mesti selalu dari bekerja di sebuah perusahaan. Tapi, pengalaman ini bisa kamu dapatkan ketika kamu kuliah. Gimana caranya? Salah satunya dengan berorganisasi. Terus, muncul pertanyaan, ‘emang bisa, ya?’ Bisa dong! Salah satu kemampuan dalam diri kita, yakni soft skill, bisa kita gali dengan berorganisasi. Kamu mungkin bertanya, ‘apa itu soft skill?

DIlansir dari situs binus.ac.id, soft skill merupakan istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skill menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir.

Nah, soft skill ini biasa disebut dengan keterampilan non-teknis, contohnya adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan manajamen waktu, kemampuan bekerjasama dalam tim, kemampuan memecahkan masalah dan sebagainya. Bisa dibilang, sebenernya kemampuan itu semua mungkin aja dimiliki oleh setiap orang, tapi ga semua orang mampu untuk mempraktekannya. Jelas gak akan bisa, selama dia gak mencoba untuk mengembangkan soft skill-nya.

Terus, gimana cara mengembangkan soft skill itu sendiri? Salah satunya dengan berorganisasi. Nah makanya, buat kamu yang masih kuliah, jangan sampai menyia-nyiakan waktu kamu hanya sekadar untuk kuliah, lalu pulang. Karena, sebenarnya banyak lho potensi di diri kamu yang bisa kamu kembangkan melalui berorganisasi saat kuliah. Saat berorganisasi, kamu tentunya dituntut untuk memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, manajemen waktu dan bekerjasama dalam tim. Nah, hal ini bisa kamu dapatkan dengan berorganisasi. Anggaplah organisasi itu merupakan wadah kamu untuk praktek sebelum masuk ke dunia kerja.

Jadi, buat kamu yang masih kuliah, kalian bisa ikut organisasi. Mulai dari Senat Mahasiswa, BEM, WKM atau UKM di kampus. Jangan hanya kuliah-pulang alias jadi mahasiswa kupu-kupu ya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *