Berbagai Macam Tipe Kepribadian, Kamu yang Mana?

Berbagai Macam Tipe Kepribadian

Kamu udah tahu belum, kalau ternyata ada empat macam tipe kepribadian manusia. Sifat yang kamu miliki pasti mewakili dari salah satu tipe kepribadian yang ada di bawah ini. Mempelajari tipe kepribadian itu penting banget lho, YOTers. Karena, kamu bisa tahu bagaimana karakter asli dari seseorang dan kamu juga tahu bagaimana cara untuk menghadapi seseorang dengan karakter tersebut. Ini dia empat macam tipe kepribadian manusia:

  1. Plegmatis

Orang dengan tipe kepribadian yang satu ini senang dengan kedamaian. Mereka tidak suka dengan konflik dan cenderung penurut meskipun sebenarnya ia tidak suka. Karena suka damai itulah, makanya kalau tiap ada masalah ia akan langsung mencari jalan keluarnya.

Sifat dominan: kekuatan dari tipe ini memiliki sifat mudah bergaul, santai, tenang, teguh, sabar, pendengar yang baik, bijaksana, simpatik, baik hati dan humoris. Sementara kelemahan dari tipe ini, yakni memiliki sifat takut, khawatir, keras kepala, kurang berorientasi pada tujuan, menghindari tanggung jawab.

 

  1. Sanguinis

Nah, kalau yang satu ini, mereka cenderung ingin populer dan disenangi oleh orang lain. Hidupnya juga selalu berwarna dan diliputi oleh pikiran yang positif.

Sifat dominan: kekuatan dari tipe ini memiliki sifat suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, penuh rasa ingin tahu, tulus, mudah berteman dan mudah memaafkan. Kelemahan dari tipe kepribadian ini, yakni memiliki sifat susah diam, egois, sering berdalih, sulit menentukan prioritas, gak konsisten, suka melupakan kewajiban.

 

  1. Melankolis

Kalau melankolis ini sifatnya berseberangan sama sanguinis. Melankolis orang yang serba rapi, teratur dan terjadwal. Mereka juga memiliki sifat analitis, jadi dia benar-benar memikirkan apa yang akan ia lakukan dan ucapkan.

Sifat dominan: kekuatan dari tipe ini memiliki sifat analitis, mendalam, serius, kreatif, idealis, perfeksionis, tekun dan rapi. Sementara kelemahan dari tipe kepribadian ini, yakni memiliki sifat murung, sulit bersosialisasi, mudah sensitif terhadap kritik dan skeptis jika dipuji.

 

  1. Koleris

Yang terakhir koleris. Orang dengan tipe kerpibadian yang satu ini memiliki sifat mengatur dan suka memberi perintah.

Sifat dominan: kekuatan dari tipe ini memiliki sifat pemimpin, problem solver, dinamis, aktif, senang dengan perubahan, mandiri dan memiliki kemauan yang keras dalam mencapai tujuan. Sementara kelemahan dari tipe kepribadian ini, yakni memiliki sifat tidak sabar, mudah marah, menyukai pertengkaran, kaku, banyak menuntut dan sulit meminta maaf.

Itu tadi berbagai tipe kepribadian yang ada di diri manusia, kalau kamu sendiri kira-kira yang mana, YOTers?

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *