Tips Membangun Relasi yang Tepat!

Tips Membangun Relasi yang Tepat

Setelah kita tahu mengenai pentingnya punya networking yang luas, sekarang kita bahas bagaimana cara membangun relasi yang tepat. Yuk baca dan ikuti tips di bawah ini supaya kamu bisa punya networking yang gak hanya luas, tapi juga tepat!

  1. First Impression adalah Kuncinya

First impression atau kesan pertama sangat berpengaruh terhadap penilaian orang lain terhadap diri kita. Apa yang berpengaruh terhadap first impression? Yaitu bagaimana kita berpakaian atau penampilan kita, bagaimana gesture kita saat berkenalan, bagaimana cara kamu menyapa. Nah, makanya jangan sepelekan hal tersebut ya, karena itu akan berpengaruh terhadap bagaimana orang menilai kamu dan memutuskan untuk lebih jauh mengenal kamu atau tidak. Kalo dari awal attitude kamu udah jelek, udah pasti orang akan males ngajak ngobrol kamu apalagi temenan sama kamu.

  1. Ikutan Komunitas, Seminar atau Networking Club

Kunci kedua adalah kamu harus ikutan komunitas, seminar atau networking club. Ada kesempatan besar untuk kamu dapet networking yang lebih luas dengan ikutan kegiatan-kegiatan tersebut. Bahkan, dari kegiatan tersebut kamu bisa punya networking yang lebih luas lagi lho. Dari satu komunitas, kamu akan kenalan dengan komunitas lainnya. Dari seminar, selain kamu bisa dapet ilmu, kamu juga bisa dapet teman baru. Makanya, kalo ikutan seminar jangan langsung pulang ya, tapi maksimalkan untuk berkenalan dengan orang-orang baru.

  1. Hilangkan Rasa Gengsi buat Menyapa

Nyambung sama poin kedua, kamu jangan ragu buat menyapa orang lain terlebih dahulu. Hilangkan rasa gengsi dan kamu harus percaya diri. Jangan gengsi buat mengucapkan ‘halo’, ‘hai’ dan sapaan lainnya untuk menciptakan first impression yang baik. Jangan lupa ya tetap jadi diri kamu sendiri alias jangan berlebihan, biar orang lain juga ngerasa dekat dan nyaman sama kamu.

  1. Jaga Hubungan Baik

Poin penting lainnya adalah terus jaga komunikasi. Sekadar nanya kabar, makan siang bareng, atau janjian ikutan suatu event. Kalo kata orang-orang sih basa-basi aja, ya tapi ini memang benar harus kamu punya supaya relasi yang kamu bangun tetap terjaga dengan baik. Bagian penting lain dalam menjaga hubungan baik adalah memberikan bantuan saat rekan kamu sedang mengalami kesulitan.

  1. Upgrade Isi Percakapan

Nah, semakin berjalannya waktu tentunya isi obrolan kamu juga harus semakin berisi. Oh iya, terdapat lima level pembicaraan yang harus kamu tau nih YOTers:

  • Phatic Level, yaitu tingkat percakapan yang paling rendah. Misalnya hanya menyapa dan bertanya kabar.
  • Factual Level, di mana tingkat percakapan sudah berupa bertukar data dan informasi. Misalnya saling sharing soal hobi, pekerjaan dan lainnya.
  • Evaluative Level, di mana isi percakapan bertanya tentang opini dan pendapat.
  • Gut Level, di mana isi percakapan berhubungan dengan perasaan.
  • Peak Level, yaitu level tertinggi di dalam percakapan. Sudah membahas tentang hal yang lebih pribadi.
  1. Manfaatkan Platform Gratis

Poin terakhir adalah kamu bisa memanfaatkan berbagai platform gratis untuk membangun relasi. Nah, kamu bisa punya relasi dari seluruh penjuru Indonesia lewat aplikasi SocialConnext melalui fitur Nearby nya lho! Tentunya GRATIS! Lewat fitur ini, kamu bisa terhubung dengan berbagai anak muda inspiratif di Indonesia. Keren kan bisa berbagi inspirasi lewat satu aplikasi?

SocialConnext Nearby

Yuk tunggu apalagi, buruan download SocialConnext di Play Store dan bangun relasi seluas-luasnya! Kamu bisa download SocialConnext di sini atau klik gambar di atas!

8+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *