Belajar Mencuri Seperti Seniman dari Austin Kleon

Kalo seniman atau creator ditanya perihal karyanya, kalo mereka jujur akan menjawab “aku mencurinya” . Nah di buku Austin kleon ditulis bahwa cara berfikir senima nyang baik adalah mencari karya yang harus dicurinya, jadi setiap meliat sebuah karya baik itu visual, audio, maupun video, gaperlu pusing-pusing untuk mikir bagus gak nih? Yg ada malah pertanyaan, ini layak gak ya untuk dicuri? Dan semuanya reachable. Artiinya kalo kamu gak nemuin yang bisa dicuri hari ini, ya cari lagi, mungkin bisa besok, minggu depan, tahun depan. Pokoknya jangan berenti mencari. Don’t stop when you’re tired, stop when you’re done!

Inspirasi itu penting banget! Austin menyarankan kita untuk melihat dan mengumpulkan sebanyak-banyanknya karya yang kita kagumi nih, YOTers! Nah tapi bukan berarti kita ngumpulin sebanyak-banyaknya karya, download gambar-gambar bagus, ngabisin hari-hari untuk liat refrensi, ngabisin uang untuk beli karya orang, TANPA menfilter karya yang kita konsumsi tersebut. Kita juga harus memilah dan memilih untuk gimana karya tersebut bisa kita terrapin ke dalam karya kita sendiri.

 

Semua karya yang udh kita kumpulkan, resource yang sudah kita tumpuk ga akan berarti apa-apa kalo kita gak memulai untuk berkarya dan ngenalin gimana karya kita dan mau di bawa kemana karya untuk kemudian masuk ke dalam career path kita. Nah tapi kadang ada rasa takut untuk memulai, di buku ini di tulis mommen tersebut dikennal dengan impostor syndrome, di mana kita  takut dan meragukan akan kampmuan kita sendiri. Nah ini memang harus di lawan dan para ahli di dunia kreatif pun mengaku tidak ada cara khusus untuk melawannya, yag harus menjadi catatan adalah lakukan hal yg kamu sukai titik, setiap hari.

 

Meniru yang dimaksud di sini adalah berlatih, bukan palgiat, bukan mengaku karya orang lain menjadi karya kita pribadi, kalo kata Yohji Yamamoto seorang fashion designer, mulai tiru lah apa yang kamu suka, tiru tiru tiru tiru, sampai akhirnya kamu ga sadar kalo kamu meniru dan akhirnya menemukan diri sendiri.

 

 

Yang perlu di note: rutinitas harian membuat kamu mencapai mimpi untuk lebih teratur. Kenapa? Karna kalo diam, artinya adalah kematian kreativitas. Kadang kita emg harus bener-bener terkurung dalam suatu hal, dalam suatu masalah, untuk bener-bener tau dan berfikir gimana baiknya problem solving secara creative.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *