4 Pemuda-Pemudi Indonesia Pejuang Pikiran yang Merdeka

MERDEKA

Kalo bicara sejarah Indonesia, pasti gak bisa gak bicara kontribusi pemuda-pemudi Indonesia. Mulai dari terbentuknya Budi Utomo hingga deklarasi Sumpah Pemuda, peran anak muda Indonesia tercatat dalam buku-buku sejarah karena perjuangan mereka untuk negeri kita tercinta. Tetapi, bagaimana kenyataannya sekarang?

Menuju 75 tahun bangsa kita berjalan merdeka, ternyata peran anak muda dalam perjuangan belum selesai, YOTers! Masih banyak hal yang harus kita perjuangkan demi terciptanya bangsa Indonesia yang merdeka seutuhnya. Pemuda-pemudi berikut ini paham pentingnya peran anak muda bahkan di era modern ini untuk kebaikan Indonesia.

Yuk, kita simak profil para anak muda Indonesia pejuang pikiran merdeka!

  1. Hannah Al-Rashid
HANNAH AL RASHID
Source: instagram/  @hannahalrashid

Hannah adalah seorang aktris keturunan Indonesia, dilahirkan di London, Inggris. Aktris ini tidak hanya dikenal karena perannya di film Gundala, tetapi ia juga secara aktif menyuarakan isu perlindungan perempuan di Indonesia. Di media sosial maupun di dunia nyata, Ia tidak pernah takut bersuara kuat sebagai advokat perlindungan hak-hak perempuan.

Pikiran yang merdeka itu pikiran yang berani berjuang demi keselamatan orang lain!

  1. Ernest Prakasa
ERNEST PRAKASA
Source: instagram/  @ernestprakasa

Mengawali karirnya sebagai stand-up comedian, Ernest kini dikenal sebagai seorang aktor dan juga sutradara Indonesia yang ternama. Dengan platform­ yang kini dimilikinya, Ernest seringkali menggunakannya untuk memberi pendapat kritis dan perspektif yang berbeda dari yang biasanya digiring oleh media massa. Dia gak pernah menuturkan pendapat yang memojokkan atau mengolok-olok. Tetapi, kadang sisi komika dia suka muncul dengan tweets yang mengangkat sisi kekonyolan dari sebuah isu panas.

Setiap cerita pasti punya lebih dari satu sisi. Pikiran yang merdeka harus mampu melihat dengan perspektif yang berbeda-beda!

  1. Tasya Kamila
TASYA KAMILA
Source: instagram/  @tasyakamila

Indonesia itu bukan cuma rakyatnya, tapi juga buminya. Perlindungan lingkungan juga perlu kita perjuangkan, YOTers. Itulah yang diperjuangkan oleh Tasya Kamila, seorang aktris dan mantan penyanyi cilik yang kini berjuang sebagai seorang duta lingkungan. Ia telah mendirikan yayasan peduli lingkungan bernama Green Movement Indonesia, yang melaksanakan program-program yang menyangkut pengelolaan sampah dan perlindungan lingkungan hidup. Tasya secara aktif menyuarakan dan mendorong partisipasi anak muda untuk peduli lingkungan hidup, melalui yayasan-nya dan juga secara personal.

Di saat pikiran kita merdeka, kita akan memikirkan bagaimana menciptakan kebaikan untuk semua orang.

  1. Kunto Aji
KUNTO AJI
Source: instagram/  @kuntoajiw

Nah, pemuda yang terakhir ini mungkin YOTers gak kira akan masuk ke list kita. Kunto Aji adalah seorang musisi dan seniman Indonesia, dikenal dengan albumnya rilisan tahun 2018 berjudul “Mantra Mantra”. Di Album ini, Kunto mengangkat isu-isu kesehatan mental dan berdamai dengan diri sendiri. Sebelumnya, belum ada musisi Indonesia yang berhasil mengangkat isu kesehatan mental dengan dampak yang sebesar ini. Dengan menggandeng psikolog Adjie Santosoputro, Kunto sampai sekarang menjadi advokat kesehatan mental bagi pemuda-pemudi Indonesia.

Pikiran yang merdeka harus berani bicara isu yang gak mudah dibahas, karena ia tahu betapa pentingnya isu itu!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *