Gunakan Metode Ini dan Produktivitas Kamu Akan Meluncur seperti Panah

METODE PANAH

Kalo kamu sudah masuk dunia kerja, pasti kamu bisa relate dengan perasaan lega di hari Jumat. Hari terakhir sebelum menuju akhir pekan membuat kamu gak sabar untuk bersenang-senang dengan teman atau bersantai-santai di rumah. Pasti, kamu juga bisa relate kalo kamu merasa terbeban kalau ada kerjaan tambahan tiba-tiba datang di hari Jumat. Gak masalah, YOTers, karena ini bisa banget dipahami. Tapi, bukan berarti gak perlu dicari solusinya. Ternyata ada solusi yang mudah banget untuk meningkatkan produktivitas kamu di hari-hari menjelang akhir pekan. Yuk kita bahas mengenai ‘Metode Panah’.

Menyusun Jadwal Mingguan Dengan Metode Panah

Metode Panah berhubungan dengan cara kamu menyusun jadwal kerja kamu setiap minggu. Langkah pertama dari metode ini adalah padatkan tugas-tugas dan meeting di awal minggu.

Ya, satu itu saja langkahnya. Sebelum kamu pikir ini bercanda, coba kita simak dulu penjelasan berikut ini.

Metode Panah membutuhkan kamu untuk memadatkan mayoritas bobot pekerjaan kamu di hari Senin, Selasa, dan Rabu. Apabila jadwal kamu masih muat, kerjakan juga tugas-tugas yang mungkin deadline-nya belum dekat. Metode Panah mendapatkan namanya dari bentuk persebaran bobot pekerjaan dalam jadwal kamu. Berikut sedikit visualisasi biar kamu lebih terbayang maksud metode ini.

Metode Panah Contoh

Mirip Mata Panah Kan? Semakin mendekat ke akhir pekan, jadwal yang kamu buat akan semakin renggang. Nah, selain sangat mudah untuk dicoba, kami pun merekomendasikan metode ini karena ada 2 manfaat utama dari menyusun jadwal kerja kamu seperti ini.

Manfaat pertama yang kamu dapatkan adalah fleksibilitas. Di dunia kerja, kita tidak pernah tahu kapan akan ada tugas atau masalah yang mendadak datang. Dengan meletakkan bobot pekerjaan banyak di awal minggu, kamu punya waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas tambahan atau masalah dadakan di hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Kamu gak perlu panik maupun keberatan dalam mengerjakannya, karena kerjaan kamu sudah banyak yang selesai.

Manfaat kedua yang kamu dapat adalah kepuasan psikologis. YOTers pasti tahu betapa puasnya kalo kita mencentang item dalam to-do list kita. Kepuasan ini lebih terasa lagi kalau sudah banyak centangan di hari Senin dan Selasa. Secara psikologis, kamu akan lebih semangat untuk menghadapi hari-hari selanjutnya, dan akhirnya membuat kamu lebih produktif. Dengan menerapkan Metode Panah, kamu akan lebih sering merasakan pikiran damai karena kamu merasa kalau kamu in control dalam pekerjaan kamu

 

Gimana, YOTers? Boleh banget nih untuk dicoba. Intinya kamu hanya perlu lebih rajin lagi di awal minggu untuk lebih menikmati hari-hari kerja kamu. Ayo kita bentuk jadwal kerja kita macam panah, agar produktifitas kita meluncur seperti panah juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *