4 Ketakutan Yang Umum Dirasakan Fresh Graduate

4 Ketakutan Yang Umum Dirasakan Fresh Graduate

Selamat buat YOTers yang sudah lulus sidang akhir! Banyak dari kalian sebentar lagi akan menghadapi tahap baru dalam kehidupan kamu. Pastinya kami senang buat kamu, dan terus semangat ya! Tapi, mungkin ada juga sedikit rasa takut dalam diri kamu. Wajar banget kalau kamu merasa begitu. Bahkan, ada beberapa ketakutan yang umumnya dirasakan oleh fresh graduate yang baru mau menghadapi dunia kerja.

Yuk kita simak beberapa ketakutan itu, dan juga sedikit tips untuk membantu kamu menghadapinya!

1. Apa yang Terjadi Kalau Sampai Membuat Kesalahan di Kantor?

Banyak dari kita otomatis memandang tanggung-jawab dan konsekuensi yang terjadi di dunia kerja pastinya lebih serius. Ini benar, tetapi banyak dari kita yang akhirnya menjadi begitu takut akan membuat kesalahan dalam pekerjaan. Pada kenyataannya, dimana ada manusia pasti ada kemungkinan kesalahan. Walaupun sebaiknya jangan terjadi, kesalahan itu wajar. Lebih lagi di saat awal pekerjaan pertama kamu.

Tips: Bertanya. Kalau gak yakin dengan apa yang kamu lakukan, lebih baik meminta bantuan dari rekan. Saat membuat kesalahan pun terima saja dan ambil pertanggungjawaban. Sikap seperti ini menunjukkan disiplin dan kesediaan untuk menjadi lebih baik.

 

2. Pertemanan di Tempat Kerja akan Gimana Nanti?

Kemungkinan besar di tempat baru kamu bekerja, kamu akan memasuki lingkungan yang baru dan tidak kenal siapa pun. Sedangkan kamu memasuki lingkungan yang orang-orangnya sudah pada kenal dan sudah ada dinamika sosial tertentu. Memasuki dunia baru ini mungkin membuat kamu lebih kaku dalam bersosialisasi.

Tips: Kalau merasa ragu dalam bersosialisasi, pelan-pelan saja. Perhatikan dinamika pergaulan di kantor. Berbincang-bincang dengan pertanyaan-pertanyaan umum di awal untuk membuka diri. Dan yang paling penting, jauhi gosip dan mengeluh tentang pekerjaan. Ingat YOTers, dinding kantor berbicara lho!

 

3. Apa Aku Nanti Bisa Work/Life Balance?

Akhir-akhir ini, konsep work/life balance sering muncul dalam percakapan anak muda Indonesia. Intinya adalah mencapai keseimbangan antara kehidupan personal dengan profesional. Seringkali kita takut setelah masuk dunia kerja, pekerjaan kita akan terlalu mengkonsumsi hidup kita dan tidak ada waktu untuk menikmati hidup.

Tips: Buatlah sebuah schedule mingguan. Dengan menata aktifitas kamu dalam seminggu, kamu bisa lebih efisien dalam beraktifitas. Lebih mudah buat kamu menjadwalkan kapan kamu mau melakukan hal lain diluar pekerjaan kamu.

 

4. Gimana kalau Pekerjaan dengan Passion Aku Gak Sesuai?

Hal terakhir dan mungkin paling sering ditakuti anak muda zaman sekarang adalah perihal passion dan pekerjaan. Selama ini kita terus diingatkan betapa pentingnya passion untuk bisa sukses. Akibatnya, ada rasa takut apabila pekerjaan yang kita dapat ternyata gak sesuai dengan passion yang kita punya.

Tips: Selaraskan passion dengan purpose (tujuan) kamu. Mungkin butuh waktu, tapi passion dalam bekerja dapat tumbuh saat kamu sudah yakin dengan apa purpose kamu dalam bekerja. Walaupun sudah masuk dunia kerja, kamu masih terus berproses dalam mengenal diri kamu sendiri.

 

YOTers mau lebih dalam lagi bahas gimana cara menyelaraskan passion dan purpose? Yuk ngobrol langsung di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah with Bank BRI: ‘Menyatukan Passion dengan Purpose’ bareng Jonathan End, Content Creator, dan Nurmalia, Business Development Manager Divisi MFD Bank BRI, hari Selasa, 8 September 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

SQUARE - IW WITH BRITAMA 2020.09.08

Yuk daftar sekarang juga di youngontop.com/webinarbankbri. Acaranya GRATIS dan kamu juga bisa dapetin e-certificate lho! Inspira Webinar ini akan dipandu oleh Nitia Anisa, News Anchor. Yuk registrasi sekarang juga. Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh, biar kita semua #MakinPintardiRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *