Ternyata Pengeluaran penting di catat guys..

Mumpung masih awal bulan, yuk kita catat pengeluaran. Meskipun kegiatan yang sederhana tapi ini fundamental, bisa membantu kita membuat anggaran keuangan.

Sering kali sebagian orang meremehkan, mereka hanya fokus untuk mencari penghasilan saja. Apabila pendapatan meningkat tetapi pengeluaran tidak sebanding, kita tidak akan ada uang yg di sisihkan untuk investasi.

Begitu juga, Jika penghasilan kecil tetapi kita bisa mengelola dengan baik maka akan ada sedikit uang yang bisa di tabung

 

Ada beberapa alasan pentingnya catatan pengeluaran :

 

  1. Agar tahu uang nya untuk apa

Seberapa pun gaji kita akan keluar begitu saja jika tidak mencatat untuk apa saja uang yang kita keluarkan selama sebulan.

 

  1. Melatih kedisiplinan

Terlihat sepele, tetapi melatih kedisiplinan untuk diri sendiri kenapa tidak..?

Tidak rugi juga kan untuk kedepannya. Di mulai dengan mencatat pengeluaran yg menggunakan nota lalu aplikasi.

 

  1. Melatih diri untuk menabung

Apakah gaji mu selalu habis setiap bulan.?

Jika iya, maka mencatat pengeluaran menjadi hal penting, menghemat pengeluaran untuk dapat menyisihkan sisa gaji untuk menabung.

 

  1. Evaluasi pengeluaran

Lakukan pengecekan selama sebulan, apakah lebih banyak pengeluaran yang umum atau hanya keinginan saja. Dengan membuat skala prioritas, pisahkan antara kebutuhan atau keinginan, kemudian antara yang penting atau yang  mendesak.

 

  1. Memilah keuangan

Kita harus pintar membagi keuangan sesuai kebutuhan. Karena mengalokasi kan uang sangat penting untuk keperluan mendesak. Bukan hanya saja memenuhi kebutuhan sehari hari tetapi juga investasi penting

 

Terlihat hal kecil, tetapi begitu penting apabila kita lakukan pencatatan untuk mengetahui pengalokasian keuangan kita dalam waktu tertentu. Agar kedepannya lebih teratur dan efisien dalam mengatur keuangan kita. Thank you and Have a nice day..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *