Pendapat Anak Muda dalam Memaknai Hari Lahir Pancasila

pendapat anak muda dalam memaknai hari lahir indonesia

Hai YOTers! Tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati hari lahirnya falsafah Negara, yaitu Pancasila. Kita bahas sedikit mengenai sejarahnya ya. Ditetapkannya 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila karena di tanggal ini kata Pancasila diucapkan pertama kalinya oleh Ir. Soekarno dalam sidang BPUPKI dan kemudian Soekarno menyampaikan gagasannya mengenai Dasar Negara Indonesia Merdeka yang kemudian mengusulkan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Dalam memperingati hari lahirnya Dasar Negara kita, yuk simak bagaimana anak muda Indonesia memaknai Hari Lahir Pancasila.

“Sudah 74 tahun sejak Pancasila dicetuskan oleh Ir. Soekarno, sejak itulah Pancasila menjadi pedoman dalam hidup bernegara di Indonesia. Dalam memaknai kelahiran Pancasila ini, marilah kita bersama-sama kembali ke dalam makna Pancasila sesungguhnya mempersatukan Indonesia dengan segala perbedaan yang ada dengan berdasarkan ketuhanan.

Hal sederhana yang dapat dilakukan dalam memaknai hari lahir Pancasila ini yakni turut menjaga Indonesia dengan memerangi hoax dan isu perpecahan yang kian marak akhir-akhir ini, karena sejatinya kita harus bersatu. Karena kita Indonesia, Kita Pancasila,”Ardy Dwi Krisnanto, YOT Surabaya.

Ardy Dwi Krisnanto - YOT Surabaya

 

“Perkenalkan nama saya Hadi, saya dari Young On Top Jember. Makna hari Pancasila menurut saya adalah suatu fondasi yang dipakai bangsa Indonesia tercinta dalam mengamalkan norma-norma sosial di kehidupan sosial dalam menjadi warga Negara Indonesia. Pancasila dapat menyatukan masyarakat Indonesia yang memiliki perbedaan dalam segala hal. Pancasila juga menjadi peran penting dalam tetap bergabungnya Papua Nugini dan Aceh yang memiliki latar belakang suku atau agama yang sangat berbeda sehingga lahirnya Pancasila adalah suatu gagasan yang sangat visioner bagi suatu bangsa karena tidak mudah dalam menyatukan perbedaan suatu suku maupun agama tanpa adanya kesepakatan yang adil dan memanusiakan manusia. Pancasila juga merupakan tujuan yang dicapai suatu negara dalam mensejahterakan suatu bangsa dengan atau tanpa masyarakatnya.

Foto ini diambil dalam acara Idea X Next Dev. Di acara tersebut kami berasal dari kota yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda namun sesuatu yang kami percayai adalah bagaimana kami membuat bangsa ini dapat terus berkompetitif dengan negara-negera lain dengan mencari bakat-bakat dan kehebatan masyarakat Indonesia yang terpikirkan hanyalah apa yang bisa kami berikan untuk bangsa yang dapat dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia agar melihat bangsa Indonesia selalu tersenyum. Jangan lupa bahagia dan jangan lupa berikan yang terbaik dari kita untuk yang lain.

See You on Top!”Hadi, YOT Jember.

Hadi - YOT Jember

 

“Sebagai sebuah Dasar Negara, seharusnya Pancasila menjadi pedoman kita dalam bernegara, karena seluruh aspek kehidupan telah tercantum dalam Pancasila, mulai dari hal yang paling dasar yaitu ketuhanan, kemudian kemanusiaan, hingga keadilan sosial. Semoga bangsa kita tetap menjaga utuh nilai-nilai Pancasila demi kemajuan bangsa dan Negara,”Herbandhu Sutyo Negoro, YOT Surabaya.

Herbandhu Sutyo Negoro - YOT Surabaya

 

“Hari Pancasila adalah hari dimana ideologi negara kita terbentuk. Ideologi Pancasila dibentuk untuk kesejahteraan manusianya dan menjadi arah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Ras, suku, budaya maupun agama bukanlah menjadi penghalang kita untuk menjadi satu kesatuan. Oleh karena itu, mari kita bersama memaknai hari Pancasila ini dengan memahami dan menjalankan kelima sila yang ada di Pancasila,” – Julian Arsyad Illinova, YOT Malang.

Julian Arsyad Illinova – YOT MALANG

 

“Makna hari Pancasila menurut saya, persatuan dan kesatuan yang harus dijunjung tinggi. Perdamaian dan kesejahteraan yang harus ditekankan dalam setiap langkah perjuangan. Karena sejatinya bangsa kita adalah bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang sarat akan gotong royongnya. Kalau hari Pancasila itu hadir, yang harus diingat adalah tentang makna dari Pancasila itu sendiri, di mana Pancasila itu dibuat untuk menyatukan agama, ras, suku, adat dalam satu naungan kenegaraan,”Mutiara Srikandi, YOT Yogyakarta.

Mutiara Srikandi - YOT Jogja

 

“Perilaku Pancasila adalah mempersatukan, bukan memisahkan. Kita semua Pancasila, Kita semua Indonesia. Saya memaknai hari Pancasila dengan introspeksi diri. Karena bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang open minded dalam menanggapi isu – isu dan problematika bangsa. Mari satukan pikiran untuk kemajuan Indonesia,”Ni Kadek Yuliati, YOT Bali.

Ni Kadek Yuliati - YOT BALI

 

“Menurut saya, hari lahirnya Pancasila dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk selalu ingat bahwa Pancasila adalah dasar negara dan alat pemersatu bangsa. Sebagai anak muda Indonesia, saya memaknai hari lahirnya Pancasila dengan cara selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saling menghormati sesama, menghargai pendapat orang lain, tidak membeda-bedakan teman, serta selalu mencoba untuk menjadi berguna bagi banyak orang,” – Ni Made Wiwik Purnamiasih, YOT Bali.

Ni Made Wiwik Purnamiasih - YOT BALI

 

“Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Menyatukan pemahaman yang sama tentang keberagaman. Pancasila mengajarkan bahwa perbedaan BUKAN untuk saling menghujat namun untuk saling mengasihi sesama makhluk Tuhan. Pancasila sebagai pemersatu bangsa karena memiliki cita-cita seperti tali yang mengikat serta nilai-nilai ideal yang akan diwujudkan untuk bangsa Indonesia,”Selistia Toha, YOT Solo.

Selistia Toha - YOT SOLO

 

“Memperingati Hari lahir Pancasila sebagai pengingat untuk terus mengimplementasikan makna dari nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Sebagai warga negara Indonesia, nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan melalui sikap saling menghargai atau saling menghormati dan sikap gotong royong. Semangat untuk terus menjaga persatuan Indonesia demi terciptanya tanah air yang damai dan sentosa,”Rina Karlina, YOT Jakarta.

Rina Karlina

 

Nah itu dia beragam cara YOTers dalam memaknai Hari Lahir Pancasila. Semoga, di hari lahirnya yang ke-74 ini, kita bisa memaknai isi Pancasila dengan sebaik-baiknya. Karena, Pancasila lahir untuk #MenyatukanINDONESIA. Bagaimana cara kamu dalam memaknai Hari Lahir Pancasila? Share di kolom komen ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak bacaan inspiratif? Yuk, kunjungi blog Young On Top Indonesia di sini!

Mau dengerin podcast, atau nonton video, atau juga membaca lebih banyak artikel inspiratif dari berbagai narasumber pilihan yang tentunya inspiratif juga? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Bacaan inspiratif lainnya:

 

One thought on “Pendapat Anak Muda dalam Memaknai Hari Lahir Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *