Makna Lebaran dari YOTers, Apa Makna Lebaran Bagi Kamu?

Makna Lebaran dari YOTers, Apa Makna Lebaran Bagi Kamu

Selamat lebaran YOTers! Lebaran dimaknai dengan kembalinya kita ke fitrah dan menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga besar. Nah, YOTers di bawah juga mau menyampaikan bagaimana mereka memaknai hari lebaran nih. Yuk simak cerita mereka:D

“Lebaran merupakan suatu momen yang sangat membahagiakan, karena dapat bertemu dengan keluarga besar di suatu tempat yaitu ‘kampung halaman’ dan saling meminta maaf. Sebagai anak muda Indonesia, tentunya kita harus menjalin silaturahmi dan saling meminta maaf antar sesama manusia,” – Akbar Faktorial Sain, YOT Surabaya.

Akbar Faktorial Sain - Young On Top Surabaya

 

“Lebaran adalah kerinduan, titik temu saat kita sempat berjarak. Kebahagiaan berhamburan menyelimuti seluruh perasaan umat  muslim karena dengan begini silaturahmi yang sempat terputus dapat terjalin kembali,” – Dayu Nur Rohmah Hidayati , YOT Surabaya.

Dayu Nur Rohmah Hidayati - YOT Surabaya

 

“Perkenalkan nama saya Deden Dwi Rali Sandu biasa dipanggil Deden, saya dari Young On Top Jember. Di sini saya akan sedikit membahas mengenai makna Hari Lebaran yang sangat tidak asing lagi di telinga kita yaitu hari kemegahan, kebahagiaan, kegembiraan, dan kemenangan semua umat Islam.

Menurut saya hari lebaran adalah hari kemenangan bagi seluruh umat Islam setelah satu bulan memerangi hawa nafsu dan mencari ridhaNya tepatnya di bulan suci yang penuh berkah yaitu pada bulan Ramadhan. Setelah bulan Ramadhan terlalui, tibalah suatu hari yang sangat kita tunggu-tunggu, yaitu Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa kita sebut Lebaran.

Lebaran adalah hari kebahagiaan semua umat Islam di mana pada saat itu, keluarga yang jauh di luar kota, anak rantauan yang jauh dari keluarga, dan kerabat ikut berkumpul dan bersilaturahmi bersama. Karena pada hari itu di mana semua yang sibuk bekerja, anak rantauan yang menempuh pendidikan tinggi di luar kota dan semua kerabat yang jauh akan berkumpul di satu tempat untuk melepaskan kerinduan kepada orang tua, anak, istri, dan kerabat-kerabat terdekat kita.

Keistimewaan pada hari lebaran yaitu hari di mana tempat untuk memohon maaf lahir dan batin kepada semua orang khususnya kepada orangtua kita dengan sungguh-sungguh atas kesalahan yang sudah kita perbuat kepada mereka baik disengaja maupun tidak disengaja dengan harapan mereka memaafkan semua kesalahan yang sudah kita perbuat.

Tradisi hari lebaran di kampung saya setelah sholat Idul Fitri selesai dilaksanakan, yaitu sungkeman kepada kedua orangtua lalu berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain untuk bersilaturahmi kepada tetangga. Kemudian setelah berkeliling kita makan-makan bersama dengan makanan khas lebaran yaitu opor ayam dengan ketupat.

Foto di bawah diambil saat acara YOT Share Ramadhan 2019 kemarin pada tanggal 27 Mei 2019 di Panti Asuhan Budi Mulia Muhammadiyah Jember. Di mana sebagian besar dari mereka juga sangat menginginkan pada hari lebaran nanti bersama keluarga yang lengkap seutuhnya seperti teman-teman mereka, liburan bersama dan merayakannya bersama. Tapi mereka tetap tegar, semangat, dan tidak putus asa karena masih ada Allah bersamanya. Marilah kita bersyukur sejenak jika kedua orangtua kita masih ada, sayangi kedua orangtua kita,dan bahagiakan kedua orangtua kita. Karena Ridha Allah terletak pada Ridha kedua orangtua kita.

Mungkin itu pendapat saya mengenai makna hari lebaran, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-sebesarnya apabila ada kesalahan penulisan atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para pembaca. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih.

Kami keluarga besar YOT Jember mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin.

SEE YOU ON TOP …!” – Deden Dwi Rali Sandu, YOT Jember.

Deden Dwi Rali Sandu - YOT Jember 

 

“Menurut aku tentang hari lebaran itu adalah dimana semua perasaan tercampur disitu ketika kamu terlalu lama meninggalkan kampung menuju perantauan dan tiba-tiba balik untuk satu momen bertemu dengan sanak keluarga yang mungkin jarang kamu temui selama hidup. Momen dimana kamu mengingat kembali kenangan-kenangan masa dulu yang mungkin sekarang hanya bisa kau ceritakan kepada saudara atau temanmu. Momen dimana tradisi yang memiliki sebuah arti di dalamnya. Bukan hanya di agama Islam saja, bukan hanya orang muslim saja. Tetapi semua orang merayakan saat itu dengan hangatnya kebersamaan bersama orang-orang yang dicinta,” – Dhimas Risky Adityawarman, YOT Jakarta.

Dhimas Risky Adityawarman - YOT JAKARTA

 

“Memaknai lebaran dengan membuka lembaran hidup baru sembari terasa tersentuh suara merdu takbir memanggil tuk beranjak ke satu syawal penuh kemenangan dan tangis air mata meninggalkan bulan Ramadhan. Air terjun menjatuhkan tetesan mengesankan, namun yang sangat mengesankan saat jiwa tertegun terkesima tuk menyapa kemegahan kemenangan,” – Muhammad Nurhidayatur Rozikin, YOT Balikpapan.

Muhammad Nurhidayatur Rozikin - YOT Balikpapan

 

“Menurutku, lebaran adalah sesuatu yang menenangkan. Disana kita melihat wajah-wajah yang bahagia sekaligus kita bisa sering mendengar ucapan yang membuat kita tenang dan bahagia, yaitu kata “maaf”. Disaat lebaran semua orang merendahkan hatinya untuk meminta maaf dan memaafkan, sejenak semua terasa damai saat hari itu. Lebaran bukanlah simbol untuk membeli pakaian baru, tetapi untuk jiwa yang baru dan lebih baik dari sebelumnya. Lebaran adalah sebuah jembatan agar kita bisa berkumpul dengan orang yang kita sayangi dan melupakan segala rutinitas. Lebaran adalah bulan yang penuh dengan arti damai dan bulan yang penuh kasih sayang yang sesungguhnya,” – Novri Eka Perdana, YOT Yogyakarta.

Novri Eka Perdana - YOT Yogyakarta

 

“Lebaran dikenal oleh orang – orang sebagai hari raya umat Islam, atau biasa disebut pula dengan Idul Fitri. Dimana pada saat lebaran merupakan hari suci yang mana semua umat islam akan bermaaf-maafan di hari yang fitri tersebut setelah menjalankan puasa selama satu bulan. Hari yang selalu ditunggu oleh anak kecil hingga orang tua. Indahnya menunggu suara takbir yang berkumandang di malam hari menandakan bahwa lebaran akan datang di esok harinya. Oiya YOTers, meskipun lebaran dikenal sebagai hari nya saling memaafkan, bukan berarti kita harus menunggu lebaran untuk meminta maaf atau memaafkan yaaa… karena meminta maaf ataupun memaafkan bisa kita lakukan kapanpun juga,” – Yasfina Arba, YOT Surabaya.

Yasfina Arba - YOT Surabaya

 

Nah itu dia makna lebaran bagi YOTers. Semoga nilai-nilai positif yang disampaikan oleh YOTers di atas bisa kita ingat selalu dan kita lakukan dengan sebaik-baiknya ya! Oh ya, apa makna lebaran bagi kamu, YOTers? Komen di bawah ya! Selamat lebaran! 😀

4+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *