Daftar 10 Musisi Lokal yang Mendunia. Menginspirasi Banget!

Daftar 10 Musisi Lokal yang Mendunia. Menginspirasi Banget!

Membanggakan, merupakan satu kata yang dapat menggambarkan sepuluh musisi Indonesia di bawah ini. Karena, mereka mampu mengharumkan nama Indonesia melalui karya yang mereka ciptakan hingga mampu menembus pasar dunia. Siapa sajakah mereka? Ini dia:

  1. Rich Brian

Rich Brian

Rich Brian. Sumber foto: Tempo

Rich Brian alah rapper asal Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran Forbes 30 under 30 Asia 2018 untuk kategori Sports and Entertainment. Di usia yang masih muda, ia berhasil go international dengan masuk ke industri musik Amerika dan sukses berkolaborasi dengan DJ asal Amerika, Diplo dan Pharrell William. Di tahun 2017, Rich Brian sukses menyelenggarakan tour pertamanya di Amerika Serikat dengan tema ‘Come to My Party Tour’.

 

  1. NIKI

NIKI

NIKI. Sumber foto: Spotify

Penyanyi R&B asal Indonesia yang memiliki nama asli Nicole Zefanya ini satu label rekaman dengan Rich Brian, yaitu 88rising yang dikenal punya banyak anak muda berbakat di bidang musik. Cewek kelahiran 24 Januari 1999 ini berhasil menembus label rekaman Amerika Serikat tersebut pada tahun 2017 yang berarti saat itu usianya masih 18 tahun! Wah keren banget ya! Oh ya, belum lama ini NIKI baru aja merilis EP-nya yang berjudul ‘wanna take this downtown?’

 

  1. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi. Sumber foto: Okezone

Penyanyi yang saat ini berdomisili di Perancis ini memulai karirnya sejak tahun 1994. Anggun memiliki album Internasional pertamanya ‘Snow on the Sahara’ pada tahun 1997 di 33 Negara dan menjadi awal debut rekam jejak Internasional nya. Banyak penghargaan yang telah diraih oleh Anggun, di antaranya Anugerah Planet Muzik untuk kategori International Breakthrough Artist, dinobatkan sebagai Chevalier des Arts et Lettres dari pemerintah Perancis dan World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards sebagai musisi Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

 

  1. Agnez Mo

Agnez Mo

Agnez Mo. Sumber foto: Liputan6

Agnez pernah berduet dengan penyanyi Internasional seperti Keith Martin, Timbaland dan Chris Brown. Karya bermusiknya banyak menghasilkan prestasi membanggakan, seperti Best Asian Artist Indonesia dari Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2017. Lalu lagunya yang berjudul Damn I Love You dinobatkan sebagai No#1 di MTV TRL America. Bahkan single Coke Bottle juga berhasil mendapatkan penghargaan Song of Summer MTV Iggy di tahun 2014. Baru-baru ini, Agnez berhasil masuk nominasi penghargaan iHeartRadio Music Awards untuk kategori Social Star Award.

 

  1. Joey Alexander

Joey Alexander

Joey Alexander. Sumber foto: White Board Journal

Usia muda bukan menjadi penghalang bagi Joey Alexander untuk berkarya dan berprestasi. Di umurnya yang masih 14 tahun, ia meraih prestasinya dengan memenangkan Grand Prix di Master-Jam Festival pada tahun 2013 dan perform di acara berkelas Internasional yakni Montreal dan Newport Jazz Festival pada tahun 2015. Namanya bahkan pernah masuk di dalam urutan Billboard 200 charts. Hingga prestasi yang gak akan terlupakan ialah saat Joey mendapatkan nominasi di ajang Grammy Awards untuk kategori Best Instrumental Jazz Album (My Favorite Things) dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Steps) di tahun 2016 serta Best Improved Jazz Solo (Countdown) di tahun 2017.

 

  1. Mocca

Mocca

Mocca. Sumber foto: Pica Magz

Menempuh jalur independen tak menjadi penghalang bagi Mocca untuk menembus pasar Internasional. Beberapa negara yang pernah disambangi Mocca dalam pagelaran tour-nya antara lain Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang. Bahkan, lagu-lagu Mocca dijadikan soundtrack film dan jingle iklan di Jepang lho! Mocca juga pernah diundang di sebuah acara TV Live di Korea Selatan. Dari sanalah, Mocca semakin dikenal luas di Negara Ginseng tersebut.

 

  1. The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T. Sumber foto: Lorong Musik

Setelah merilis album pertama yang berjudul Visible Idea of Perfection, band asal Bandung yang terbentuk sejak tahun 2002 ini sukses menyelenggarakan tour pertama Internasional nya di Australia. Selain itu, di tahun 2009 The S.I.G.I.T juga pernah perform di event SXSW di Amerika Serikat, Macau, Singapura dan Hong Kong. Gak hanya itu, The S.I.G.I.T juga pernah tampil di San Fransisco dan berkolaborasi dengan Lords of Altamont, band asal Los Angeles. The S.I.G.I.T sendiri akronim dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent.

 

  1. White Shoes and The Couples Company

White Shoes and the Couples Company

White Shoes and the Couples Company. Sumber foto: Provoke

Band yang mengusung tema musik retro ala tahun 70-an ini berhasil menjalin kerjasama dengan Minty Fresh Record, label musik di Chicago, Amerika Serikat. Dari kerjasama ini, WSATCC berhasil merilis album yang didistribusikan ke berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia dan Jepang. Lalu di tahun 2008, WSATCC berkesempatan manggung di Amerika Serikat dalam event CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival hingga di tahun 2012 WSATCC mengadakan tour Eropa di Negara Perancis dan Belanda.

 

  1. Sore

Sore

Sore. Sumber foto: Lorong Musik

Band asal Jakarta dengan keunikan seluruh personel nya memainkan alat musik dengan tangan kiri ini juga dikenal di Negara tetangga, yakni Malaysia. Band yang telah menelurkan dua album ini bahkan dinobatkan oleh Majalah TIME Asia ke dalam daftar ‘Lima Band Asia yang Albumnya Layak Dibeli’.

 

  1. Sandy Sondoro

Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro. Sumber foto: Sondoro Music

Nama Sandy Sondoro sudah tidak asing lagi di Jerman, mengingat Sandy mengawali karirnya di Negara tersebut. Namanya mulai terkenal di kancah Internasional setelah ia berhasil menjuarai festival internasional  dari ‘Young Pop Singer’ di New Wave, Latvia pada tahun 2009. Sandy juga pernah tampil satu panggung dengan Toni Braxton dan Estefan dalam acara ‘Dianne Warren and Friends’ di Palladium Theatre Hollywood, Amerika Serikat.

 

Itu dia sepuluh musisi Indonesia yang mendunia. Mereka bisa membuktikan kepada kita bahwa umur, gender ataupun latar belakang lainnya bukanlah alasan dan penghalang untuk berkarya dan berprestasi, bahkan terhadap hal yang dianggap sulit sekalipun. Semangat untuk kamu yang sedang meraih mimpi seperti mereka!

2+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *