Tips Manajemen Waktu dan Prioritas Agar Kamu Lebih Produktif

_Tips Manajemen Waktu dan Prioritas Agar Kamu Lebih Produktif

Dari segala hal yang paling berharga, waktu mungkin menjadi yang paling berharga dalam hidup. Tapi kita sebagai anak muda mungkin sering meremehkan kenyataan itu. Kalo kita bisa lebih baik mengatur waktu, kita akan lebih baik menghabiskannya. Artinya, produktivitas kita akan meningkat tanpa mengorbankan waktu kita menikmati hidup. Bagi Gandes Puspita Wangi, Sales Officer Card & Digital Lending Division Bank BRI, manajemen waktu sudah menjadi realita hidup sehari-hari.

Dari pengalamannya bekerja di Bank BRI, Mba Gandes memberikan beberapa Tips dalam Manajemen Waktu. Tips pertama dari Mba Gandes adalah membuat Time Log. Sebuah Time Log adalah catatan dari semua aktifitas yang kamu lakukan dalam sehari, terbagi per jam. Artinya, Time Log juga mencakup kegiatan kamu setelah bangun pagi hingga sebelum tidur malam. Pentingnya membuat time log adalah kita dapat mengestimasi berapa lama kita melakukan setiap kegiatan. Insight ini sangat berguna bagi kita untuk melakukan tips berikutnya.

Dari insight yang ia dapat dari time log, kita dapat menyusun schedule harian kita dengan estimasi waktu yang lebih akurat. Sebuah schedule harian akan membantu kita membagikan waktu untuk bekerja dan juga untuk berhobi. Mba Gandes biasanya menyusun schedule harian untuk seluruh minggu setiap akhir pekan. 

Namun, Mba Gandes menyadari bahwa saat menjalani schedule kita, tetap ada kemungkinan ada perubahan jadwal. Misalnya, di tengah minggu diberikan pekerjaan tambahan dari atasan kita. Untuk menghadapi kemungkinan ini, Mba Gandes memberi tips untuk kita menyusun skala prioritas dalam schedule kita.

Kegiatan-kegiatan dalam schedule harian kita dapat diidentifikasi dalam empat kategori, yaitu (1) hal yang penting dan mendesak, (2) penting tapi tidak mendesak, (3) tidak terlalu penting tapi mendesak, dan (4) tidak terlalu penting dan tidak mendesak. Dengan melakukan identifikasi ini, kita akan lebih mudah menyesuaikan schedule harian kita dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

Dengan segala upaya yang lakukan untuk mengatur waktu kita, kita jangan sampai llupa pentingnya memberikan waktu untuk diri kita sendiri. “Jangan lupa untuk berikan waktu yang menyenangkan juga buat diri kamu.” tutup Mba Gandes.

Wah, seru banget ya kalo bisa berkarir di Bank BRI. Tertarik buat meraih mimpi di Bank BRI? Yuk langsung aja daftarkan dirimu di https://e-recruitment.bri.co.id/

Gandes Puspita Wangi

Gandes Puspita Wangi, Sales Officer Card & Digital Lending Division Bank BRI

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *