Karir dan Prestasi Memang Penting, Tapi Apa Alasannya?

Karir dan Prestasi Memang Penting, Tapi Apa Alasannya

Tanpa perlu diingatkan, pastinya kita sudah tahu bahwa karir dan prestasi itu penting. Sepertinya kita senantiasa diingatkan oleh media dan lingkungan kita bahwa kita harus mengejar karir yang baik dan mencapai banyak prestasi. Tetapi, apakah kita sudah bertanya mengapa karir dan prestasi menjadi begitu penting? Terutama di era modern ini, mari kita pikirkan apa alasan spesifik kenapa kita perlu memiliki karir dan prestasi yang baik.

Menurut Abd. Wahid Wijaya, Assistant Vice President of BRI, di zaman sekarang, karir dan prestasi kita sangat erat hubungannya dengan personal branding. Pak Wahid percaya pada pada akhirnya, semua orang sangat membutuhkan personal branding dalam karirnya, dan pada akhirnya dalam hidup secara umum. Berikut adalah 3 alasan kenapa semua orang membutuhkan personal branding.

  1. Kita mau dikenal sebagai orang yang expert di bidang apa.
  2. Mempengaruhi atau mengajak orang ke hal positif karena expertise kita.
  3. Maksimum impact, jadi kita mau bermanfaat di sisi yang mana.

Setelah memahami mengapa karir dan prestasi penting untuk dijalani, yang selanjutnya perlu dipikirkan adalah bagaimana mengusahakannya. Dari pengalaman beliau kerja di Bank BRI, Pak Wahid memberikan beberapa tips untuk mencapai karir dan prestasi yang baik.

 

1. Buat Catatan Segala Kehebatan Atasan Kita.

“Sepuluh tahun perjalanan, kan saya mengalami beberapa atasan. Saya punya catatan kelebihan semua atasan saya.” kata Pak Wahid. Guna dari Catatan ini adalah untuk menjadi model di saat nanti kita menjadi leaders di sebuah perusahaan.

2. Peers Comparison

“Saya selalu cari profil orang-orang yang usianya se-saya, dan melihat mereka sudah ngapain aja.” Dengan membandingkan, kita dapat berintrospeksi dalam diri kita sudah melakukan apa saja. Hasil dari introspeksi itu dijadikan semangat buat kita terus mengejar karir dan prestasi.

3. Inspiring Role Model

Dalam segala bidangnya, sangat berguna bagi kita memiliki sosok yang kita jadikan acuan atau inspirasi dalam pekerjaan kita. Sosok role model akan membantu kita untuk tetap semangat berkarya dan terinspirasi untuk terus berjuang mencapai level tertentu dalam berkarya.

4. Coach

“Semua orang butuh Coach, karena pasti setiap orang punya blindspot.” kata Pak Wahid. Pasti ada perspektif atau sisi tertentu yang tidak bisa kita lihat sendiri, tetapi seorang coach bisa. Maka itu, agar cepat dan efektif dalam perkembangan karir dan prestasi kita, kita membutuhkan seorang coach yang mau mengarahkan kita untuk meraih potensi kita yang maksimal.

 

Di akhir wawancara, Pak Wahid menyempatkan untuk memberi pesan singkat untuk para anak muda yang sedang di dunia kerja maupun yang sedang di bangku kuliah.  “Lebih baik kita sibuk mencari cara untuk bertumbuh, sampai kita lupa caranya mengeluh.” tutup Pak Wahid.

Wah, seru banget ya kalo bisa berkarir di Bank BRI. Tertarik buat meraih mimpi di Bank BRI? Yuk langsung aja daftarkan dirimu di https://e-recruitment.bri.co.id/

Abd. Wahid Wijaya, Assistant Vice President of BRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *