Ternyata Liburan Punya Dampak Baik untuk Kesehatan Lho!

Ternyata Liburan Punya Dampak Baik untuk Kesehatan Lho

Hai YOTers! Mana semangat liburannya nih? Mumpung masih libur, yuk gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena, ternyata liburan itu punya dampak baik untuk kesehatan kalo kamu menghabiskan waktu liburan ini dengan hal-hal yang menyenangkan. Yuk simak fakta menarik seputar liburan yang ternyata punya efek positif buat tubuh kita!

  1. Menurunkan Tingkat Depresi

Kesibukan itu juga bisa memicu timbulnya stress yang bisa berujung pada depresi. Nah, makanya disarankan untuk liburan kalo kamu udah ngerasa penat banget sama rutinitas kamu supaya gak stress apalagi depresi. Faktanya dari penelitian di University of Surrey, Inggris bilang kalo dalam tahap merencanakan traveling aja udah bisa mengeluarkan perasaan yang berdampak positif bagi tubuh. Apalagi kalo traveling-nya beneran alias gak sekadar wacana doang.

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Liburan ke tempat baru, ketemu temen baru, merasakan lingkungan dan suasana baru bisa membantu kita dalam meningkatkan memori dan tingkat konsentrasi kita. Gak hanya itu, liburan juga bisa meningkatkan kreativitas kita lho. Dijamin deh, setelah liburan kamu akan ngerasa lebih fresh dan lebih senang dalam menjalani aktivitas.

 

  1. Jauh dari Penyakit dan Panjang Umur

Liburan itu bisa meningkatkan sistem imun yang udah pasti bisa melindungi badan kita dari berbagai macam penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, orang yang berlibur secara rutin punya resiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Liburan juga bisa menurunkan risiko demensia dan Alzheimer. Selain itu, orang yang sering liburan juga tubuhnya lebih bugar karena udah terbiasa untuk bergerak, apalagi kalo kamu yang liburannya sering hiking, bersepeda atau berjalan jauh. Dengan jauh dari penyakit artinya bisa membuat umur kamu lebih panjang.

 

  1. Memperbaiki Waktu Istirahat

Nah buat kamu yang liburannya memilih untuk di rumah aja atau mungkin staycation, juga ada dampak baik buat kesehatan kamu lho. Dengan memilih untuk beristirahat di rumah ataupun staycation, maka kamu bisa memperbaiki waktu istirahat kamu yang sulit kamu dapetin saat beraktivitas sehari-hari. Gak jarang kan dari kita yang masih kerja meskipun udah di rumah? Nah, kamu juga harus memperhatikan kesehatanmu ya. Kalo udah sulit beristirahat ada baiknya ambil cuti dan liburan.

Nah itu dia berbagai dampak baik liburan bagi kesehatan. Inget ya: liburan adalah kewajiban karena kesehatan adalah hak setiap orang. Selamat liburan! 😀

3+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *