Pastikan Kamu Hindari 5 Kesalahan ini Saat Olahraga

Olahraga itu sehat? Betul sekali, YOTers. Banyak banget manfaat dari berolahraga. Apalagi kalo dilakukan secara rutin. Dengan berolahraga badan akan terasa bugar, stamina bertambah, dan yang paling penting nih kamu jadi gak gampang sakit. Tapi buat YOTers yang baru mau mulai berolahraga, kamu harus memperhatikan detail-detailnya. Banyak yang melakukan beberapa kesalahan kayak di bawah ini. Jangan sampai olahraga malah bikin kamu sakit yaa.

1. Malas Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

olahraga 1

Pemanasan berfungsi untuk mempersiapkan tubuh biar otot-otot tubuhmu menjadi lebih kuat dan fleksibel untuk berolahraga. Dengan cara meningkatkan detak jantung, memperlancar peredaran darah, serta mencegah terjadinya cedera. Sedangkan pendinginan juga gak kalah pentingnya. Tujuannya untuk merilekskan otot dan tubuh setelah berolahraga. 

Hayo ngaku, siapa yang sering melewatkan pemanasan dan pendinginan sewaktu berolahraga? Padahal manfaatnya banyak lho. Pemanasan dan pendinginan cuma butuh 5 sampai 10 menit kok. Jadi jangan malas buat pemanasan dan pendinginan, ya!

2. Teknik yang Salah Ketika Berolahraga

olahraga 2

Meskipun beberapa gerakan saat olahraga terkesan simpel, namun jangan sampai kamu remehkan. Tanpa tahu posisi yang benar, bisa-bisa kamu mengalami kesalahan yang menyebabkan cedera. Biasanya kesalahan ini bermula karena kita asal menirukan gerakan olahraga di Internet. Jadi gak terlalu bisa melihat detail posisi yang harus dilakukan. Agar lebih aman, lebih baik cari dengan teliti setiap gerakan di berbagai video atau yang lebih mudah adalah bertanya kepada instruktur atau orang yang lebih ahli. Jangan segan untuk bertanya kepada pelatih ya. Karena kesalahan postur pada posisi tertentu bisa menyebabkan cedera serius lho.

3. Olahraga Terlalu Berlebihan

olahraga 3

Biasanya, kita sangat berambisi olahraga saat awal-awal mulai dengan tujuan mendapatkan hasil semaksimal mungkin dengan waktu sesingkat mungkin. Sayangnya, hal tersebut ternyata bisa berbahaya. Kamu gak memberi jeda buat otot untuk bergerak dan beristirahat. Tubuhmu akan kehabisan tenaga akibat olahraga yang terlalu dipaksa. Otot-otot tubuh sudah bekerja sangat keras waktu kamu berolahraga, sehingga butuh waktu untuk proses pemulihan pasca olahraga. Jika dipaksa, risikonya kamu bisa mengalami kerusakan otot bahkan cedera.

4. Olahraga Tanpa Rencana dan Tujuan yang Jelas

olahraga 4

Pada dasarnya, setiap hal yang kamu lakukan pasti butuh memiliki rencana dan tujuannya masing-masing agar bisa terlaksana dengan baik. Tak terkecuali olahraga. Tujuannya bisa beragam tergantung orangnya. Bisa pengen menurunkan berat badan, pengen membentuk massa otot, sampai pengen olahraga biar badan jadi lebih sehat aja. Olahraga tanpa tujuan dan rencana sangat gak efektif. Selain bikin kamu susah menentukan olahraga jenis apa yang terbaik buatmu, olahraga tanpa tujuan juga bisa bikin kamu cepat bosan karena gak ada motivasi yang jelas. Segera cari tahu tujuan apa yang ingin kamu raih dalam berolahraga.

5. Jenis Olahraga yang Tidak Bervariasi

olahraga 5

Sangat wajar kalau kamu merasa bosan ketika sudah rutin berolahraga. Kemungkinan hal ini terjadi karena kamu sebenarnya gak suka dengan gerakan atau olahraga tersebut. Hal dapat diatasi dengan memilih olahraga yang kamu sukai atau melakukan variasi gerakan lain untuk berolahraga, atau bahkan mencoba olahraga baru yang lebih menantang atau bahkan lebih santai. Sebagai contoh, kalau kamu bosan jogging di treadmill gym, kamu bisa lho jogging di taman waktu pagi atau sore.

 

Akhir kata, olahraga memang memiliki banyak manfaat selain biar sehat, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Jadi lain kali kamu berolahraga, ingat untuk hindari kesalahan-kesalahan di atas yaa, biar gak makin jadi masalah di kemudian hari. Semangat berolahraga demi hidup yang lebih sehat!

*** Original Article by Dokter Gen Z –  doktergenz.hipwee.com

Yuk baca artikel lainnya dari Dokter Gen Z!

Ketahui Karakter Pasangan yang Berpotensi Ciptakan Toxic Relationship

Waspada Efek Kebanyakan Jajan Es Kopi: Sebuah Refleksi dari Tim #EsKopi Tiap Hari

Panduan Self Love dan Self Care Buat Gen Z di Masa Pandemi

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *