Financial Freedom: Bedakan antara Mitos dan Fakta!

Financial Freedom Bedakan antara Mitos dan Fakta!

Seberapa sering YOTers menemukan konten ‘tips keuangan’ di sosmed dalam satu minggu yang lalu? Dalam lima tahun terakhir ini, ‘melek finansial’ telah menjadi topik yang populer di kalangan anak muda. Konsep financial freedom telah menangkap imajinasi dan harapan kita semua. Tapi hati-hati YOTers, karena seperti semua hal yang populer, pasti ada info yang benar dan yang salah.

Yuk kita lihat apa saja mitos yang banyak dipercaya, dan kita lihat kenyataannya gimana!

1. Kamu Harus Sepenuhnya Menghindari Utang

Kalau kita dengar kata ‘utang’ biasanya konotasi yang ditangkap selalu negatif. Mungkin banyak juga yang berpikir salah satu prasyarat untuk financial freedom adalah bebas dari segala bentuk uang. 

Faktanya… tidak semua utang itu buruk. Yang penting untuk dipikirkan sebelum berutang adalah bagaimana pinjaman tersebut bisa membantu membangun kekayaan kamu nantinya. Misalnya, berutang demi mendapat edukasi atau pelatihan skill yang akan berguna dalam karir. 

 

2. Pensiun (Muda) untuk Sepenuhnya Menikmati Financial Freedom

Ada beberapa orang tertentu yang menjadikan pensiun dini sebagai salah satu goals dari financial freedom. Mereka percaya bahwa hanya saat kita bisa pensiun di umur yang muda kita telah mencapai dan bisa menikmati financial freedom yang sepenuhnya.

Faktanya… pandangan ini keliru karena memukul rata aspirasi semua orang. Tujuan dari financial freedom sebenarnya bukan untuk kita bisa bebas menghabiskan uang tanpa harus kerja. Financial freedom adalah titik dimana kita leluasa menentukan waktu kita bekerja dan bersantai, tanpa perihal keuangan menjadi halangan. Sah aja kamu di umur 40 tahun bekerja dalam bidang yang kamu nikmati, dan bukan berarti kamu gagal mencapai financial freedom

 

3. Jajan Kopi Menyebabkan Kamu Gak Bisa Bebas Secara Finansial

Kemungkinan besar kamu pernah dengar perumpamaan dan hitungan matematika ini. Banyak akun-akun ‘nasihat finansial’ yang membahas tentang konsumsi kopi kita, dan dihitung-hitung kita bisa habis uang sekian juta rupiah dari ngopi. Pesan yang dimaksud adalah bisa saja kita menabung begitu banyak uang seandainya gak dipake untuk jajan kopi.  

Faktanya… banyak BANGET orang yang mencapai financial freedom tanpa harus berhenti minum kopi (haha). Kelirunya mitos ini adalah menganggap seakan-akan berhenti jajan kopi akan mempercepat kita mencapai financial freedom. Lebih tepatnya, yang seharusnya kita lakukan adalah kita rencanakan seberapa besar dari pemasukan bulanan kita disisihkan untuk kebutuhan bulanan, tabungan, dan (apabila sudah mungkin) investasi. Sisanya terserah kita habiskan untuk apa. Kalo mau dipake jajan kopi, ya bebasnya kamu!

 

4. Financial Freedom akan Tercapai Dengan Menabung 50% dari Gaji Kamu 

Kita harus paham kalau kebutuhan semua orang berbeda-beda, dan tidak semua orang menerima jumlah gaji bulanan yang memungkinkan untuk menyisihkan setengahnya untuk ditabung. Aturan seperti ini keliru karena mengartikan mereka yang tidak bisa menyisihkan 50% untuk tabungan, tidak akan bisa mencapai financial freedom

Faktanya… bukan perihal meningkatkan persentase tabungan, tapi tambahkan arus pemasukan. Lebih efektif buat kamu mencari arus pemasukan yang lebih, mungkin dari usaha sampingan, kerjaan sampingan, atau melalui passive income. Dengan meningkatnya uang yang kamu terima, kamu akan lebih leluasa menyusun rencana finansial kamu.

Gak usah dulu kamu mikir 50% pemasukan kamu untuk ditabung. Coba YOTers bayangkan kalau tiap hari kamu tabung uang Rp. 3.500 aja. Di akhir bulan, uang yang terkumpul kira-kira mau kamu habiskan untuk apa? Jajan pizza? Beli earphone baru? atau beli martabak? 

Gimana kalo uangnya dipakai untuk… investasi saham?

Untungnya, sekarang berinvestasi lebih banyak pilihannya dan lebih mudah akses kita sebagai anak muda. Salah satu caranya adalah melalui Bizhare, sebuah situs equity crowdfunding berizin OJK.

 

Dengan program spesial Referral Code Bizhare X YOT, kamu bisa dengan mudah mulai berinvestasi dengan harga saham yang terjangkau, mulai dari Rp 100.000 (Seratus Ribu) rupiah/lembar saham. Kamu hanya perlu registrasi akun di di www.bizhare.id/daftar, input referral code “YOUNGONTOP” pada kolom ‘kode voucher’, dan kamu sudah bisa mulai berinvestasi. 

Jadi gimana, YOTers? Sudah siap gak mulai berinvestasi demi nantinya mencapai financial freedom? Semoga juga setelah ini kamu sudah bisa membedakan informasi mana yang mitos dan mana yang fakta mengenai financial freedom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *