Merasa Kurang Produktif? Genre Musik Bisa Jadi Solusinya!

Merasa Kurang Produktif Genre Musik Bisa Jadi Solusinya!

Untuk kebanyakan anak muda jaman sekarang, musik sudah menjadi bagian yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dari sebelum pandemi aja pasti kalo naik kendaraan umum, di kiri dan kanan kamu orang-orang pada pake earphone. Bahkan musik pun tidak lepas dari aktivitas kita dalam kuliah maupun di dunia kerja.

Mungkin YOTers punya playlist favorit buat saat kamu ngerjain tugas atau saat kamu bekerja. Tapi pernah gak kamu merasa kayaknya masih kurang produktif, atau mungkin kamu udah mulai bosen. Nah, ada beberapa genre musik yang boleh banget kamu coba dan sudah terbukti meningkatkan produktivitas kamu.

Kalo kamu udah bosen dengerin playlist “Lo-fi hip-hop radio – beats to relax/study to”, yuk simak beberapa genre musik berikut ini!

1. Bukan Jawaban yang Klasik, tapi Musik Klasik Jawabannya!

Jangan anggap musik klasik cuma buat orang tua, YOTers! Ada alasannya kenapa lagu-lagu berumur ratusan tahun masih dihargai hingga sekarang. Berdasarkan banyak penelitian, musik klasik dapat membantu kita untuk menyelesaikan tugas-tugas kita dengan lebih efisien. Bahkan teori ini ada namanya, yakni “The Mozart Effect”. 

Selain itu, kamu bisa sombong ke teman-teman kamu karena paham musik sekelas Beethoven dan Vivaldi. (haha) 

 

2. Jadi Pemeran Utama di Lingkungan Kerjamu!

Pernah gak kamu merasa ingin menjadi pemeran dalam film yang akan melakukan tindakan yang inspiratif? Ya, mungkin kami gak bisa janji kamu masuk casting film layar lebar, tapi genre musik Sinematik bisa menciptakan perasaan itu. Mainkan album soundtrack salah satu film favorit kamu, dan kamu akan merasa pekerjaan kamu lebih dramatis dan seru. Mood kamu meningkat dan juga semangat kamu untuk menyelesaikan tugas. 

 

3. Tetap Tenang dan Kembali ke Alam.

Bisa jadi halangan produktivitas kamu berasal dari stress dan kurang fokus. Kalo itu penyebabnya, coba kamu cari “Nature Music” di internet. Musik dalam genre ini penuh dengan bunyi-bunyi alam seperti aliran sungai dan suasana taman, kadang ditemani oleh alunan halus alat musik seperti harpa atau piano. Ketenangan dari musik ini akan membantu kamu meningkatkan fokus dan juga menurunkan stress.

Pencapaian boleh setinggi langit, tapi jangan pernah lupa akar, YOTers!

 

4. Musik Video Game? Gak Main-Main Lho! 

Ini bukan bercanda lho, YOTers! Ternyata, banyak video games soundtrack sangat efektif dalam meningkatkan semangat kerja. Lagu-lagu dalam video games dirancang untuk meningkatkan stimulasi otak sambil meningkatkan fokus kita. Para gamers pasti paham rasanya saat kamu sedang sangat fokus memainkan game di level kamu harus mengalahkan boss. Bayangkan kalo kamu bisa punya tingkat fokus yang sama dalam mengerjakan tugas-tugas kamu? Atau, jangan hanya dibayang. Coba saja sendiri, YOTers!

Itu dia beberapa genre musik yang bisa kamu coba untuk semakin semangat kerja! Musik itu lekat banget sama mood kita. Maka itu, pastikan musik yang kamu pasang saat kerja bisa bikin kamu mood untuk berikan yang terbaik. Semangat terus, YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *