Inilah Tanda-tanda Kamu Mengalami Quarter Life Crisis. Jangan Sepelekan!

Inilah Tanda-tanda Kamu Mengalami Quarter Life Crisis. Jangan Sepelekan!

Hai YOTers! Kamu tentu pernah mendengar istilah quarter life crisis. Yap, quarter life crisis ialah sebuah kondisi yang dialami oleh seseorang di usia 20 tahun keatas karena menghadapi fase perubahan dalam hidupnya yang gak jarang akhirnya menimbulkan ‘krisis’. Karena, di usia 20an kita dianggap telah dewasa dan mampu menghadapi segala permasalahan hidup serta dipercaya untuk mengambil keputusan dengan resiko yang harus dihadapi. Hal-hal inilah yang bisa menimbulkan quarter life crisis.

Quarter life crisis sendiri bisa timbul dari 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri yang dimana kita mulai memikirkan berbagai aspek hidup, mulai dari jodoh, karir hingga keyaninan. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan kita yang menuntut diri kita untuk tampil sempurna yang akhirnya menimbulkan tekanan di diri kita.

Nah, berikut ini kami jabarkan dari dua faktor tersebut. Coba diperhatikan ya, mungkin aja kamu sedang mengalami quarter life crisis tanpa kamu sadari.

  1. Bingung Hidupmu Mau Dibawa Kemana

Kamu sering bertanya-tanya kira hidupmu mau dibawa kemana, mau jadi apa ke depannya, mau tinggal dimana, mau berkarir sebagai apa, apakah kamu bisa sukses dan sebagainya. Hal ini berangkat dari keraguan kamu akan apa yang kamu lakukan serta kamu belum ngerasa bisa menghasilkan apa-apa.

  1. Sering Bertanya: “Jodohku Nyangkut Dimana?”

Buka media sosial, ngeliat foto temanmu yang udah pada tunangan, menikah dan punya anak akhirnya menimbulkan tekanan buat kamu yang akhirnya membuat kamu bertanya-tanya, “jodohku nyangkut dimana ya?” Gak jarang akhirnya menimbulkan kecemasan lebih panjang mengenai di umur berapa kamu akan menikah, seperti apa jodohmu dan apakah kamu bisa bahagia dengannya.

  1. Hidupmu Tidak Ada Apa-apanya Dibanding Teman-temanmu

Melihat lingkunganmu, ngumpul bareng temen-temen, reunian saling sharing seputar pekerjaan dan pencapaian mereka akhirnya bikin kamu minder dan mulai membanding-bandingkan hidupmu dengan mereka. Kamu akhirnya ngerasa kalo hidupmu bakal gitu-gitu aja, gak ada apa-apanya dibanding mereka.

  1. Cemas dalam Setiap Keputusan yang Diambil

Umur 20 tahun kamu sudah dituntut untuk lebih dewasa dalam segala keputusan yang kamu ambil. Tapi kamu ngerasa berbanding terbalik dengan hal itu. Kamu mulai ragu-ragu dengan segala keputusan yang kamu buat sampai akhirnya.. ngerasain apa yang ada di poin ke-5.

  1. Gak Merasa Bahagia dengan Apa yang Kamu Kerjakan Sekarang

Ngebanding-bandingin hidupmu dengan yang lain, gak yakin sama keputusan yang diambil akhirnya ngebuat kamu gak bahagia dengan apa yang kamu kerjakan sekarang. Kamu ngerasa bosan dengan apa yang kamu lakukan setiap hari, apa yang kamu kerjakan hanya untuk memenuhi tuntutan.

  1. Tuntutan Lingkungan Membuatmu Melakukan Hal yang Gak Kamu Banget

Kamu mulai ikutan gaya hidup yang gak kamu banget. Ikutin fashion terkini padahal itu bukan gaya kamu banget. Kamu gak sadar kalo yang kamu lakuin itu hanya untuk menyenangkan lingkunganmu, bukan diri kamu. Kamu hanya cemas kalo diri kamu gak bisa diterima lingkunganmu hingga akhirnya melakukan hal-hal yang gak kamu banget.

Nah itu dia berbagai tanda-tanda kalo kamu mengalami quarter life crisis. Di artikel selanjutnya, kita akan membahas bagaimana kamu harus menghadapi quarter life crisis. Semangat untuk kamu yang sedang menghadapi krisis ini ya 🙂

5+

One thought on “Inilah Tanda-tanda Kamu Mengalami Quarter Life Crisis. Jangan Sepelekan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *