Tips Memulai Bisnis untuk Kamu Para Millennials

Tips Memulai Bisnis untuk Kamu Para Millennials

Millennials dikenal sebagai generasi yang berani mencoba suatu hal yang baru. Termasuk juga dalam urusan bisnis. Meskipun belum punya bekal dalam mengelola bisnis, banyak millennials yang memutuskan untuk mendirikan bisnisnya sendiri dibandingkan berkarir di sebuah perusahaan. Gak ada yang salah kok dengan hal ini, tapi dalam memulai bisnis tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Apa aja tuh? Ini dia:

  1. Memanfaatkan Teknologi dan Platform yang Ada

Tentunya kamu harus mempromosikan bisnismu biar semakin dikenal orang-orang. Nah, untuk mengurangi pengeluaran, kamu harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi. Saat ini udah banyak banget platform yang ada dan gratis, jadi bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu. Kamu bisa memasarkan produk kamu di media sosial atau website. Tapi, jangan lupa untuk membuat konsep promosi yang menarik ya biar semakin mudah juga bisnis kamu dikenal dan diingat audiens.

  1. Berangkat dari Masalah Bukan Sekadar Ikutan Tren

Bisnis yang baik adalah yang berangkat dari adanya masalah yang dihadapi oleh orang-orang sekitar kita. Banyak lho bisnis yang berawal dari sini dan sukses, contohnya William Tanuwijaya yang membangun Tokopedia karena ingin membantu para pebisnis pemula yang ingin mempromosikan produknya dan bisa bertemu pembeli dengan lebih mudah. Bisnis yang seperti ini akan lebih sustainable dibandingkan yang hanya ikutan tren aja.

  1. Manfaatkan Relasi untuk Kolaborasi dan Diskusi

Memulai bisnis baru sama dengan kamu harus memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada. Salah satunya adalah relasi yang kamu punya. Manfaatin relasi kamu untuk berkolaborasi atau sekadar diskusi. Pasti dari banyaknya relasi kamu ada yang punya bisnis juga atau mungkin ada juga yang bekerja sebagai business consultant. Kamu harus belajar banyak dari mereka. Lumayan kan bisa bertukar ilmu secara cuma-cuma dari yang ahli di bidangnya.

  1. Belajar dan Sabar

Tips lainnya kalo kamu mau bisnismu sukses adalah kamu jangan berhenti belajar. Dengerin saran yang orang lain kasih ke kamu, belajar dari kegagalan yang kamu alami. Belajar kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Kamu juga harus sabar sama prosesnya, meskipun progress-nya gak terlihat cepat dan besar. Dalam prosesnya pasti ada jatuh bangunnya.

Nah itu dia beberapa tips memulai bisnis untuk kamu para generasi millennials. Semangat untuk kamu yang sedang merintis bisnis ya!

3+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *