Sehat Mental Selama Pandemi dengan Study Group Online!

Sehat Mental Selama Pandemi dengan Study Group Online!

Bukan mau terkesan sok rajin yaa, YOTers. Tapi, jujur manfaatnya terasa banget buat kamu yang sekarang lagi kuliah daring. Sebelum pandemi ini terjadi, yang namanya study group bayangannya bisa berkumpul di tempat-tempat dari perpustakaan hingga toko kopi favorit. Selain itu, mungkin gak semua orang biasa tergabung dalam sebuah study group.

Saat ini juga, situasi Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung di Indonesia. Sedangkan, aktivitas kita harus terus berlangsung. Ini termasuk aktivitas kuliah kita. Dengan berlangsungnya kuliah daring, mungkin sulit membayangkan menjalani sebuah study group dengan efektif secara online.

Kali ini, kami mau yakinin kamu kalo justru di masa-masa kayak gini kamu boleh banget mulai bergabung dalam sebuah study group secara online!

 

Menghadapi Perubahan Besar Lebih Asik Kalo Bareng-Bareng

Untuk YOTers yang sebelumnya belum pernah gabung study group, ini waktu yang bagus banget buat kamu coba lakukan. Gunanya akan terasa, karena kita semua lagi dipaksa mengalami perubahan-perubahan besar dalam beraktifitas. 

Adaptasi bukanlah hal yang mudah untuk semua orang. Ada yang mungkin biasa aja dengerin dosen lewat Zoom. Tapi, ada juga yang sangat terasa gak nyaman kuliah tapi ga di ruang kelas bersama teman-teman. Semua ini butuh waktu, dan beberapa dari kita butuh lebih banyak bantuan untuk adaptasi.

Dalam sebuah study group online, kamu gak cuma hanya bahas pelajaran. Kamu juga bisa bahas ke teman-teman kamu tantangan yang kamu hadapi dalam belajar. Artinya, ini termasuk kesulitan kamu mengikuti kuliah daring. Teman-teman study group kamu hadir untuk memberi support!

 

Melatih Disiplin dan Motivasi Walaupun Di Rumah Aja

Gak cuma yang lagi WFH, yang lagi kuliah daring juga terancam perasaan mager untuk kuliah di rumah. Saat ini kita semakin membutuhkan rutinitas untuk membiasakan badan kita untuk tetap disiplin. Jangan sampai kita terbawa hawa-hawa rebahan dan main HP selama jam kuliah nih! Study Group Online gak cuma melatih kita untuk tetap disiplin dengan pertemuan rutin, tetapi menjadi motivasi kita juga untuk tetap disiplin. Pastinya kita ingin dan butuh bertemu teman-teman, walaupun secara online. Kenapa gak sekalian belajar juga, kan?

 

Sehat Secara Mental Ditemani Kawan-Kawan

YOTers pasti banyak yang merasakan sejak pandemi, rasa terisolasi makin lama semakin mengganggu kamu. Hal ini terutama dirasakan oleh YOTers yang tinggal sendirian atau ngekost. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi dan kegelisahan selama masa karantina meningkat secara signifikan selama pandemi. Hal ini disebabkan oleh mendadak minimnya interaksi sosial dan rasa ketidakpastian akibat ancaman virus.

Di masa-masa kayak gini, penting untuk kita memaksimalkan apa yang masih kita bisa lakukan. Mungkin kita gak bisa nongkrong di kafe, tapi setidaknya kita masih bisa belajar bareng lewat internet. Study group online bukan cuma jadi tempat kamu belajar, tapi tempat kamu bisa berinteraksi dengan orang lain secara intens dan rutin. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan mental kamu, menjauhkan kamu dari rasa terisolasi. 

Yuk, YOTers coba ajak teman-teman sekelasmu membentuk study group online. Bener-bener dampak positifnya banyak, dan gak ada ruginya. Semangat yaa jalani semester baru ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *