4 Investor Muda Indonesia, Apakah Kamu yang Selanjutnya?

Zaman sekarang, YOTers gak perlu lagi memandang kata ‘investor’ kayak sesuatu yang jauh untuk dicapai. Bisa banget dan bagus banget kalo kamu mulai mempelajari dan berinvestasi saham sejak dini. Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), 44,62% penanam modal yang terdaftar di BEI berada di kelompok umur di bawah 30 tahun. Artinya, sekarang mungkin banget buat kamu memasang target menjadi investor muda!

Biar kamu semakin yakin, yuk simak profil beberapa investor muda Indonesia ini!

1. Belvin Tannadi

BELVIN T

Source: Instagram/ @belvinvvip

Mungkin banyak YOTers merasakan keraguan saat berpikir ingin mulai berinvestasi. Banyak hal-hal tentang investasi saham yang memang tidak umum kita ketahui. Hal yang sama dirasakan oleh Belvin di tahun 2014, saat ia ingin memulai perjalannya menjadi investor.

Awalnya ia bingung karena begitu banyak pilihan untuk menanamkan modalnya. Namun, ia berpegang teguh bahwa ia gak mau berinvestasi ke sesuatu yang belum diketahui resiko maksimalnya. Buat kamu yang baru mau  mulai berinvestasi, kebiasaan yang patut ditiru dari Belvin adalah (1) rajin membaca dan mencari informasi tentang saham, (2) memilih perusahaan yang besar dan fundamental baik, dan (3) tidak langsung berinvestasi dengan uang besar. Sekarang, Belvin juga sudah berbagi apa yang sudah ia pelajari dari pengalamannya melalui sebuah buku, berjudul “Ilmu Saham”.

 

2. Andrian Wijaya

Andrian W

Source: http://jambiupdate.co/

Sebagai investor termuda di kota Jambi, Andrian konon menjadi inspirasi bagi teman-temannya dan juga anak muda lainnya untuk mulai berinvestasi. Ia mengawali perjalanannya dari sejak kelas 2 SMA, dengan jumlah uang yang minim. Awalnya, ia hanya mengikuti kakaknya yang memang meminati pasar saham.

Di awalnya, ia hanya mencoba berinvestasi dengan modal 200.000 saja. Suatu saat, ia mengikuti olimpiade pasar modal dan meraih juara dua nasional. Hadiah dari lomba tersebut ia jadikan modal berinvestasi. Hingga saat ini, Andrian selalu menginspirasi anak-anak muda lainnya, sebagai contoh bahwa seorang pemuda dengan modal yang minim pun bisa memulai perjalanannya sebagai seorang investor!

 

3. John Wen

JHON WEN

Source: https://www.inbizia.com/

Seorang pemuda kelahiran John Wen, ia kini dikenal sebagai salah satu panutannya anak muda yang ingin menjadi investor saham yang sukses. Mungkin saat ini dia sudah berumur 28 tahun, tapi ia mulai belajar investasi sejak umurnya hanya 20 tahun, di tahun 2012. Sejak itu, ia terus belajar tentang investasi secara otodidak, melalui buku-buku.

Kebiasaannya yang perlu dicontoh adalah ia rajin menganalisis laporan keuangan perusahaan. Hasilnya ia menjadi lebih peka tentang kondisi dan nilai perusahaan, dan lebih bijak dalam membuat keputusan sebagai investor saham. Saat ini modalnya telah tumbuh sekitar 60% per tahun. Pengen kan YOTers suatu saat bisa kayak John?

Selain menjadi investor muda yang berhasil, ia juga aktif berbagi pengetahuan di berbagai komunitas investor saham di media sosial.

 

4. Andika Sutoro

ANDIKA SUTORO

Source: https://www.cnbcindonesia.com/

Perjalanannya diawali sejak ia di bangku SMA, saat bisnisnya menjual CD Suara Wallet di Singkawang secara online ternyata berbuah untung ratusan juta. Mungkin orang lain di umur 17 tahun akan menghambur-hamburkan uang sebesar itu. Tapi, Andika malah merambah ke bisnis-bisnis lain, seperti garmen, interior, dan bahkan kuliner. Di umurnya yang sekarang masih 20-an, segala pengalaman yang telah ia kumpulkan dari tahun-tahun sebelumnya membawa Andika menjadi Direktur utama dari Global Pacific International Holding Company, yang bergerak di bidang investasi.

 

Dari contoh-contoh di atas, mungkin beberapa dari mereka sudah mulai dari sangat dini. Tapi perihal melek finansial, tidak ada kata terlambat YOTers! Untungnya, sekarang berinvestasi lebih banyak pilihannya dan lebih mudah akses kita sebagai anak muda. Salah satu caranya adalah melalui Bizhare, sebuah situs equity crowdfunding berizin OJK.

 

 

Dengan program spesial Referral Code Bizhare X YOT, kamu bisa dengan mudah mulai berinvestasi dengan harga saham yang terjangkau, mulai dari Rp 100.000 (Seratus Ribu) rupiah/lembar saham. Kamu hanya perlu registrasi akun di di www.bizhare.id/daftar, input referral code “YOUNGONTOP” pada kolom ‘kode voucher’, dan kamu sudah bisa mulai berinvestasi. 

Jadi gimana, YOTers? Sudah siap gak memulai perjalanan kamu menjadi investor muda? Jangan mau kalah sama 4 sosok inspiratif di atas. Pasti kamu juga bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *