Baiknya Ikut Komunitas/Organisasi atau Ngga sih?

Banyak pertanyaan dari orang-orang yang mungkin akan atau baru menginjak kaki di Perguruan Tinggi, dan bertanya, “Kak, ikut komunitas itu penting ngga sih?”, “Ikut organisasi kampus, penting ga sih?”, dkk, jawabannya adalah tergantung.

Mungkin kamu bertanya kenapa jawabannya tergantung, oke, mari kita obrolin.

Kenapa tergantung, ya sebenarnya jawabannya ada di kalian sendiri, apa sih yang mau kalian cari dengan bergabung komunitas maupun organisasi kampus? Apa kalian ikut komunitas cuma untuk keren-kerenan, biar bisa buat insta stories, menuhin feed, nyari gebetan, atau emang kalian ingin mengembangkan diri dan menambah jejaring pertemenan. Nah, sampai sini udah ngangguk-ngangguk belum?

Ada orang bijak mengatakan, “Apa yang kalian pikirkan, itu yang akan kalian dapatkan.” Kalau kita hubungkan, kalo kalian punya tujuan cuma buat keren-kerenan ikut komunitas maupun organisasi ya kalian bakal dapat itu, dan cuma itu nantinya yang kalian dapat. Beda halnya dengan kalian punya tujuan misal: Ingin belajar kepemimpinan, ingin belajar sistem, ingin belajar demokrasi, ingin menambah wawasan, ingin berjejaring dengan banyak orang, ya kalian akan mendapatkan dan belajar itu semua nantinya.

Makanya, benarkan dulu niatnya, agar ketika menjalani, kalian punya tujuan yang jelas, ga cuma ikut-ikutan teman atau cuma karena paksaan dari kampus eh 

Toh, lagian ya yang jalanin adalah kalian, kalian yang mesti memikirkan segala kemungkinan yang akan kalian hadapi dan tujuan kalian ketika memilih sesuatu.

Tiap pilihan yang diambil selalu ada pilihan lainnya yang tidak kita pilih. Jadi, ya nikmati dan fokus aja sama apa yang kalian pilih.

@ruhdi7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *