Kenapa Skill Storytelling Penting Banget Buat Kamu?

Kenapa-Skill-Storytelling-Penting-Banget-Buat-Kamu

Semua orang punya cerita. Tiap orang yang kamu temui, pasti punya cerita yang dia bisa bagikan. Tapi gak semua orang tahu gimana caranya. Di zaman sekarang, yang namanya ‘cerita’ itu penting banget buat hidup kamu, bukan cuma secara personal tetapi juga secara profesional. Skill storytelling kini menjadi skill yang berguna banget buat kamu asah. Mungkin banyak yang berpikir, storytelling mah cuma untuk para penulis film ato karya kreatif lainnya. Tapi ternyata nggak lho!

Ada beberapa alasan skill storytelling bisa membantu kamu dalam belajar maupun dalam karir. Yuk disimak!

 

Personal Branding Kamu Jadi Lebih Meyakinkan

Kamu mau dikenal sebagai orang yang kayak apa? Mungkin kamu mau dikenal sebagai orang yang senang musik, atau hobi kuliner, atau atletis. Apapun itu, kamu perlu orang-orang tahu kenapa kamu ingin dikenal seperti itu. Siapapun bisa bilang dirinya seorang ‘pecinta alam’, tetapi berapa banyak orang yang bisa menceritakan kenapa dia mencintai alam.

Saat kamu menerapkan storytelling ke dalam personal branding kamu, misalnya di hal-hal yang kamu post di sosmed. Orang-orang akan lebih baik memahami diri kamu, dan akan lebih meyakinkan. Hasilnya, personal branding kamu akan lebih kuat!

 

Kita Lebih Mudah Mengingat Cerita Daripada Menghafal

Dalam kehidupan, kamu akan hadir di situasi-situasi dimana kamu perlu menyebarkan perspektif atau nilai tertentu ke orang lain? Mungkin kamu harus meyakinkan atasan untuk menerima ide kamu, atau mungkin kamu harus mengambil peran leader dan memberikan inspirasi ke rekan-rekan kamu. 

Kenyataanya, orang-orang lebih mudah memahami dan mempelajari hal baru melalui cerita daripada melalui menghafal. Bila kamu punya skill storytelling, kamu bisa mengambil manfaat dari fakta ini! Dengan storytelling, kamu akan lebih mudah menyampaikan ide-ide dan nilai-nilai yang rumit untuk diterima orang lain.

 

Bisnis Kamu Lebih Diperhatikan dan Dipahami Semua Orang

Zaman sekarang, begitu banyak orang yang memulai sebuah bisnis. Begitu banyak produk dan brand baru, sehingga kompetisi menjadi begitu tinggi. Gimana caranya biar produk kamu terdengar di antara semua keramaian ini? Berikan cerita di balik produk kamu!

Adalah satu hal saat kamu menjelaskan fungsi produk kamu. Tapi, impact dari brand kamu akan lebih kuat kalau kamu mengedepankan cerita di balik produk kamu. Misalnya, apa visi dari bisnis kamu? Atau, bagaimana proses pembuatannya? Ceritakan kenapa orang-orang harus peduli dengan produk kamu! Semua itu membantu para konsumen memahami kelebihan dari produk brand kamu. Akhirnya, saat brand bisnis kamu semakin terkenal dan berkesan, pasti dampaknya akan ke penjualan yang semakin meningkat! 

 

YOTers tertarik nih belajar lebih lagi tentang storytelling? Yuk ngobrol langsung sama Rivaldo Santosa, Game Journalist & Co-Founder of The Lazy Media Group di Inspira Webinar #MakinPintardiRumah: ‘How to be a Great Storyteller’ , hari Sabtu, 17 Oktober 2020, pukul 16.00 WIB. Ini dia detail acaranya:

SQUARE-IW-Rivaldo-Santosa-1536x1532

Yuk daftar sekarang juga di youngontop.com/store/webinar. Inspira Webinar ini akan dipandu oleh Aria Aji Kusuma, Community Coordinator Young On Top. Yuk registrasi sekarang juga. Jangan lupa ajak teman, pacar, sahabat, gebetan, saudara, tetangga, semua yang kamu kenal deh, biar kita semua #MakinPintardiRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *