Manfaat Berorganisasi Saat Kuliah Untuk Bekerja

Kuliah merupakan saat yang tepat untuk kamu bisa mengembangkan potensi sekaligus membangun relasi. Kalau ketika sekolah kamu dikenal pasif dan gak mau membaur dengan yang lainnya, kamu harus ubah itu semua ketika kuliah. Karena, kuliah adalah masa transisi kita sebelum masuk ke dunia bekerja. Bisa ngebayangin kan gimana susahnya kamu untuk bersosialisasi ketika kerja, kalau kamu pasif ketika sekolah dan kuliah?

Nah, mengembangkan potensi serta membangun relasi ini bisa dimulai dengan berorganisasi ketika kuliah. Kalau di SMP atau SMA, kita lebih mengenalnya dengan sebutan ekstrakurikuler. Organisasi yang ada di perguruan tinggi juga banyak, hirarkinya dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Senat Mahasiswa, hingga ke UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau WKM (Wadah Kegiatan Mahasiswa). UKM atau WKM inilah yang memiliki jenis organisasi berbeda dengan beragam bidang yang tersedia. Dimulai dari bidang fotografi, jurnalis, sastra, olahraga dan sebagainya.

Manfaat masuk organisasi ini adalah untuk kamu bisa praktek dari teori yang sudah kamu pelajari ketika di kelas. Kalau di kelas kamu hanya bisa memperhatikan mata kuliah yang disampaikan oleh dosen, nah di organisasi inilah kamu bisa berkarya. Sehingga, kamu gak cuma jadi jago secara teori tapi juga prakteknya.

Selain itu, berorganisasi juga bisa mengembangkan soft skill kamu. Sudah tahu soft skill kan pasti? Soft skill meliputi kemampuan berbicara, bekerjasama dengan orang lain, memimpin dan manajemen waktu. Dengan berorganisasi, kamu sudah bisa melatih diri kamu dengan mengembangkan soft skill untuk masuk ke dunia kerja. Berorganisasi juga bisa menambah relasi kamu lho, YOTers. Kalau relasi kamu banyak, kemungkinan juga kamu akan dimudahkan dalam mendapat referensi untuk bekerja kan?

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *