Attitude Harus Dijaga, tapi Attitude Seperti Apa?

Buat kalian yang baru mulai kerja atau baru saja lulus pasti sudah sering diingatkan: “Kalau di tempat kerja harus jaga attitude ya!” Tapi, seberapa sering sih kita bahas sebenarnya attitude seperti apa yang dimaksud? Bagi Kak Andi Shannaz Farahnaz, Product Development Manager, Divisi Mass Funding BRI, attitude dan karakter telah menjadi bagian yang begitu lekat dari kesuksesan kita para anak muda di dunia kerja.

“Selain keterampilan dan kompetensi yang dinilai dari seseorang di dunia kerja juga adalah karakternya. Jadi, gak cukup kompetensi dan keterampilan yang kita miliki, tetapi karakter juga dinilai saat perusahaan ingin melamar kita untuk pekerjaan.” Katanya. Ia akui bahwa karakter itu terbentuknya dalam waktu yang panjang, dan karakter masing-masing orang akan berbeda tergantung dari apa saja yang pernah dia alami. Tapi, tidak mustahil untuk kamu yang ingin membentuk suatu karakter, selama kamu mau berubah.

Setiap perusahaan punya standar karakter tertentu yang mereka butuhkan, tapi akan ada sifat-sifat karakter tertentu yang akan dibutuhkan dimanapun kita bekerja Dengan pengalamannya bekerja di Bank BRI, Kak Shannaz punya beberapa tips tentang attitude seperti apa yang perlu kita latih di dunia kerja. Yuk kita simak ada apa aja!

1. Integritas

“Pegawai dengan integritas yang tinggi pasti akan menunjukkan bahwa dia jujur, bisa dipercaya, kemudian memiliki komitmen tinggi, dan bertanggung-jawab, semua perusahaan dengan budaya apapun pasti butuh pegawai yang seperti itu.”

 

Integritas berhubungan dengan bagaimana performa kita dalam bekerja, terlepas itu terlihat ataupun tidak. Apabila kita memiliki karakter yang akan terus melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin, pastinya kesuksesan akan lebih mudah tercapai dalam karir kita.

2. Optimis

“Apapun perusahaannya, pasti akan punya target. Nah, Individu yang optimis dan positif akan lebih mudah untuk diajak oleh perusahaan berlari mencapai target bersama!”

Bila kamu bekerja dengan optimis dan semangat, pasti perusahaan dengan yakin bis mengajak kamu lari berjuang mencapai target tersebut.

3. Adaptif

“Bagaimana seorang pegawai bisa dengan baik menyesuaikan diri. Entah itu berhubung dengan lingkungan, atau perubahan industri.”

Satu-satunya yang tak berubah dalam kehidupan adalah perubahan. Hal tersebut pastinya juga berlaku di dunia kerja. Sebuah perusahaan pasti akan menilai lebih diri kita apabila kita memiliki karakter yang siap untuk menghadapi perubahan-perubahan itu.

 

Kak Shannaz pun menjadi contoh nyata dari attitude baik yang menuai hasil kesuksesan di dunia kerja. Karakternya yang adaptif telah terbukti berguna buat kak Shannaz dalam pengalaman kerjanya. “BRI kan sudah ada dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Jadi, kita harus siap untuk ditempatkan untuk kerja dimana saja dengan budaya yang berbeda-beda.” Katanya. Kembali lagi, kita harus bisa beradaptasi dengan baik dan cepat.

Sebagai Product Development Manager di Bank BRI, pastinya kami juga tanyakan tentang produk-produk telah dikembangkan di BRI. Ternyata, produk tabungan Britama sudah bisa dibuat secara online dan tidak perlu ke kantor cabang. Selain itu, Kak Shannaz juga cerita bahwa dengan tabungan Britama, ternyata kita sudah secara otomatis diberikan benefit asuransi. Ini penting banget, soalnya melek finansial itu juga salah satu karakter yang penting buat kita bisa meraih kesuksesan!

 

Wah, keren ya! Semoga dari sharing Kak Shannaz,  kamu bisa menerapkan tiga attitude diatas dalam kehidupan professional kamu!

Nah, Kalo kamu masih penasaran tentang benefit yang didapatkan dari membuka tabungan Britama, coba aja langsung dengan klik https://bukarekening.bri.co.id/! Buka rekening Britama bisa dilakukan #dirumahaja, lho. Pokoknya kekinian banget deh!

 

Andi Shannaz Farahnaz, Product Development Manager, Divisi Mass Funding BRI

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *