Tips Bijak Mengatur Gaji Bulanan

Tips Bijak Mengatur Gaji Bulanan

Hai YOTers! Siapa di sini yang gajinya 5 koma alias di tanggal 5 udah koma? 😛 Banyak nih yang mengalami gaji sudah habis sebelum waktunya. Parahnya, gaji habis dalam waktu seminggu atau dua minggu setelah gajian. Padahal masih ada dua minggu lagi untuk bertahan hidup. Nah lho….

Nah, biar kamu gak ngalamin hal kayak gitu, kamu bisa ngikutin tips di bawah ini!

  1. Buat Anggaran Bulanan

Paling penting adalah kamu harus mengatur anggaran bulanan terlebih dahulu, berikut skema nya ya:

20% untuk ditabung, asuransi atau investasi

50% pengeluaran bulanan (transportasi, makan, bayar kosan)

20% biaya tak terduga (misalnya kamu sakit atau kendaraan kamu rusak harus masuk bengkel)

10% biaya senang-senang (hangout atau nyisihin uang untuk travelling)

Itu adalah skema anggaran bulanan yang bisa kamu gunakan setiap bulannya. Tapi, juga bisa balik lagi ke kamu untuk kebutuhannya. Misalnya, kamu gak ngekos, berarti kamu bisa mengalokasikan 40% untuk pengeluaran bulanan dan 30% untuk ditabung.

  1. Punya Rekening Berbeda untuk Menabung

Kenapa mesti beda rekening? Supaya kamu gak boros dan bisa langsung menyisihkan uangmu untuk ditabung. Selain itu, di rekening ini juga udah pasti uangnya gak akan kecampur untuk kebutuhan lainnya. Banyak kok sekarang bank yang menawarkan rekening untuk menabung dengan biaya admin yang rendah tiap bulannya dan juga membatasi penggunanya untuk bertransaksi per bulannya. Nah, kamu harus cari tahu ya kalo mau buka rekening untuk menabung. Cari yang biaya admin nya rendah ya.

  1. Ikutan Asuransi dan Investasi

Nah, mungkin masih sedikit millennials yang kurang mementingkan hal ini. Padahal, baik asuransi maupun investasi itu penting. Asuransi itu penting sebagai ‘tabungan jaga-jaga’ kalo ada apa-apa yang terjadi sama kamu. Misalnya sakit ataupun kecelakaan. Gak ada yang mau mengalami hal itu sih, tapi kalo misalnya terjadi gimana? Kamu harus punya dana untuk jaga-jaga kalo misalnya kamu mengalami hal tersebut. Terus juga investasi. Banyak jenis investasi yang bisa kamu ikutin, salah satunya adalah investasi emas atau perhiasan yang nantinya bisa kamu jual saat nilai jualnya sedang tinggi. Banyak-banyak cari tau tentang kedua hal ini ya!

  1. Stop Nyicil Beli Barang!

Selanjutnya adalah stop beli barang dengan cara mencicil. Beli barang saat uangnya udah kekumpul, itu akan jauh lebih baik. Misalnya nih, kamu beli handphone dengan cara mencicil selama 6 bulan. Pertama, cicilan itu ada bunga-nya yang besar. Kedua, kalo pun gak ada bunga-nya, risiko kedua adalah kamu gak akan tau selama 6 bulan ke depan kamu akan menghadapi ‘ujian keuangan’ seperti dan sebesar apa. Artinya, jangan sampe cicilan ini nantinya akan menyiksa diri kamu sendiri. Jadi, stop penggunaan kartu kredit ya!

  1. Cepetan Bayar Tagihan

Jangan tunda-tunda bayar tagihan. Tagihan listrik, kosan, atau mungkin hutang ke temen-temen kamu. Biar pun nominalnya kecil, kalo ditunda nanti akan ketumpuk dan malah makin besar jumlahnya. Bayar tagihan terlebih dahulu juga meminimalisir kemungkinan uangnya kepake duluan sama kamu untuk hal-hal lainnya.

  1. Jangan Gampang Tergiur Sama Diskon

Terakhir adalah jangan gampang tergiur sama diskon. Inget, barang yang di diskon itu belum tentu jadi kebutuhan kalian, tapi cuma keinginan doang alias laper mata. Kadang, ada aja yang maksa buat beli suatu barang yang lagi diskon padahal lagi gak ada uang yang akhirnya belinya pake kartu kredit. Duh, hindari hal ini ya! Inget, kamu juga harus mementingkan skala prioritas kamu.

Nah itu dia tips mengatur gaji bulanan biar kamu gak ngalamin duit abis sebelum waktunya. Inget ya, kamu harus mengatur skala prioritas, jadi utamakan kebutuhan daripada keinginan.

2+

One thought on “Tips Bijak Mengatur Gaji Bulanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *