Sekolah Fashion Ternyata Tak Cuma Untuk Jadi Fashion Designer

Berbicara tentang fashion memang tidak ada habisnya. Sederet nama fashion designer pun merajai industri fashion, tak hanya dalam skala lokal atau UMKM tetapi dikenal hingga mancanegara, sebut saja nama-nama seperti Dian Pelangi, Sapto Djojokartiko, dan Hian Tjen yang tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi karyanya berhasil menembus pasar internasional. Mendengar tentang kiprah para fashion designer yang berhasil bersaing di industri fashion, apakah semata-mata hanya dipengaruhi oleh karya mereka saja?

Jika membahas tentang industri pastilah tidak hanya berhubungan dengan produksi, tetapi juga pemasarannya, karena sebagus apapun hasil karya, jika tidak ditunjang dengan strategi bisnis, maka akan sulit menembus pasar. Maka dari itu, jika kamu berkeinginan berkarya di industri fashion, selain menguasai ilmu tentang fashion design, kamu juga harus memahami tentang manajemen bisnis fashion. Karena ilmu tentang fashion tak hanya dapat kamu terapkan dengan berkarir sebagai fashion designer, melainkan banyak profesi lain yang dapat berhubungan dengan fashion, antara lain:

  1. Fashion stylist
  2. Merchandiser
  3. Marketing Director
  4. Product Manager
  5. Sales Director
  6. Textile Buyer

 

Jika kamu sedang mencari sekolah dan ingin mendalami ilmu tentang fashion secara lengkap, ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan sebelum masuk ke sekolah fashion.

  1. Pilih sekolah yang tak hanya menawarkan program fashion design

Jika ingin menguasai tentang fashion, baik dalam hal design maupun secara bisnis, kamu bisa memilih sekolah fashion yang memiliki program yang mencakup dua hal tersebut. Hal ini akan membantu kamu untuk memiliki gambaran tentang karir kamu di masa depan.

  1. Cari tahu tentang materi program yang diberikan

Jika kamu menemukan lebih dari satu sekolah yang menawarkan beragam program di bidang fashion, jangan lupa cari tahu juga materi-materi dari program yang akan diberikan sekolah tersebut agar kamu bisa mengetahui ilmu-ilmu apa saja yang akan kamu dapatkan. Semakin banyak dan semakin menarik materinya, semakin besar juga peluang kamu untuk memperkaya ilmu untuk masa depan.

  1. Lihat rekam jejak reputasi sekolah

Kamu bisa juga mencari tahu tentang rekam jejak sekolah yang ingin kamu pilih, baik dari pengalamannya maupun alumni-alumni yang berhasil berkarir di industri fashion. Ini membantu kamu untuk memiliki pandangan tentang karir kamu setelah lulus dari sekolah tersebut. Seperti Dian Pelangi yang merupakan lulusan dari ESMOD Jakarta, kamu bisa mulai mencari tahu tentang program-program yang ada di ESMOD Jakarta.

 

Sudah memiliki gambaran untuk melanjutkan pendidikan di sekolah fashion? Siapkan diri kamu mulai sekarang untuk merajai industri fashion Internasional. Selamat berkarya, YOTers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *