Motivasi Gila Ala Bob Sadino

Pernahkah kamu mendengar nama Bob Sadino (alm)? Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha sukses dari sekian banyak pengusaha yang ada di Indonesia. Bambang Mustari Sadino merupakan nama aslinya. Ia lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjung Karang yang sekarang berubah menjadi Bandar Lampung. Meninggal di Jakarta pada usia 81 tahun, tepatnya tanggal 19 Januari 2015. Sosok pengusaha ini memang kerap kali menjadi tokoh inspiratif dengan style yang sederhana hanya mengenakan celana pendek dan kemeja pendek, serta memiliki pemikiran-pemikiran gila dan nyeleneh yang mampu mempengaruhi banyak orang.

Baca Juga: 10 Langkah Terbaik Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Dalam catatan hidupnya Bob memiliki berbagai macam bisnis, antara lain bisnis sayuran hidroponik, bisnis bahan pangan olahan, biro perjalanan wisata, dan supermarket. Semua itu tidak dicapai dengan mudah, melainkan melalui proses jatuh dan bangkit yang membuatnya sukses. Banyak pemikiran-pemikiran Bob yang dianggap gila dan nyeleneh yang bisa kamu jadikan sebagai motivasi, diantaranya:

  1. Jangan Banyak Analisis

Analisis hanya akan membuat orang berpikir buruk dalam hal bisnis. Banyak analisis juga akan membuat seseorang sulit bergerak dan sulit untuk memulai usaha. Ada benarnya juga sih, kebanyakan analisis maka kapan mulainya?

Baca Juga: 27 Tips! Jitu Meningkatkan Percaya Diri

  1. Jangan Banyak Rencana, Rencana Itu Bencana

Dalam bukunya Mereka Bilang Saya Gila, Bob menuliskan bahwa rencana itu hanya berlaku untuk orang yang mempelajari ilmu manajemen. Dunia usaha memang tidak pasti, terkadang hasil yang didapat tidak pasti seperti apa yang sudah direncanakan. Kita lihat sosok Bob Sadino, apakah ia sukses di bisnis peternakan karena ia sudah merencanakannya. Ia terjun bisnis peternakan ayam juga karena ia mendapatkan saran dari temannya yang bahkan belum terpikirkan oleh dirinya sendiri.

  1. Carilah Kegagalan dan Kerugian

Pada buku Belajar Goblok dari Bob Sadino diterangkan bahwa banyak pengusaha yang mempunyai pola pikir linear, usaha itu harus untung supaya berhasil. Namun faktanya banyak mengalami kegagalan dan kerugian. Bagi Bob Sadino, banyak mengalami kegagalan akan membawa seseorang menuju puncak sebuah keberhasilan.

Baca Juga: Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

  1. Lebih Peka Berkat Jalanan

Riwayat pendidikan menurut Bob bukanlah sesuatu yang dibanggakan. Orang berpendidikan tinggi cenderung banyak omong tanpa membuktikan omongan tersebut. Bob pernah hidup di jalanan selama bertahun-tahun, ia melihat sebuah peluang dalam dunia wirausaha. Karena itu ia menjadi lebih peka terhadap peluang usaha pada lingkungan sekitarnya.

  1. Orang Bodoh Jadi Bosnya Orang Pintar

Orang yang dianggap bodoh oleh sebagian orang memang harus mendirikan usahanya sendiri. Tak lain penyebabnya ialah selalu ditolak saat mencari pekerjaan karena dianggap bodoh dan tidak memenuhi kriteria. Saat Bob ingin mengembangkan usahanya, pasti ia akan membutuhkan bantuan dari orang pintar. Dengan kerja keras membuat Bob sukses menjadi bos usahanya sendiri.

Banyak pelajaran-pelajaran yang dapat diambil dari (alm) Bob Sadino. Ia meninggalkan pemikiran-pemikiran gila dan nyeleneh untuk membangkitkan semangat wirausahawan. Jika Bob Sadino bisa melakukannya, kita sebagai generasi muda Indonesia juga harus bisa melakukannya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *