Sosial Media Negatif Terus Ya?

Rasa-rasanya belakangan ini sosial media kita diramaikan oleh banyaknya berita, udah biasa sih kita di hadapkan oleh berita-berita, namun rasanya akhir-akhir ini ‘terlampau’ banyak sekali berita yang negatif. Namun rasanya hal ini terjadi seiring dengan perkembangan teknologi juga, dimana tiap individu saat ini bisa menjadi media, artinya ia bisa membagikan apa yang ia dapat maupun apa yang ingin ia bagian sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Tentunya juga kurang bijak rasanya jika kita menyalahkan teknologinya karena perkembangannya yang begitu pesat, saat ini tiap kita mesti memiliki rasa tanggung jawab yang lebih tinggi tentunya perihal apa yang kita bagikan, tulis, maupaun kita buat baik itu audio maupun video yang dimana akan banyak orang yang melihatnya.

Saat ini sering sekali orang termakan hoaks dikarenakan kurangnya literasi digital dan memahami apa yang sedang mereka gunakan, apa yang kita bagikan di internet dalam hal ini sosial media bisa menjadi bola salju yang mengerikan, apalagi menyangkut sesuatu hal yang negatif dan sensitif, hal-hal negatif di internet adalah ‘makanan’ yang pastinya dapat menyulut tiap orang untuk merespon lalu pada akhirnya beritanya akan bergulir cepat dan berefek negatif hingga di dunia nyata.

Namun, sama seperti dunia nyata, tidak semua hal buruk. Tidak semua yang ada di dunia maya itu buruk, tidak semua yang ada di sosial media itu buruk, kita punya kendali atas apa yang akan kita lihat dan pelajari. Masih banyak juga kok di sosial media yang memberikan hal-hal yang positif. Mari kita perbanyak hal yang demikian, kurang-kurangi untuk hal yang negatif.

Untuk kamu yang hidupnya udah mengenal sosial media sejak dini, yuk bertanggung jawab lebih atas apa yang kita buat dan bagikan.

@ruhdi7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *