5 Tanaman Hias Yang Bisa Jadi Solusi Biar Kamu Gak Terlalu Stress

5-Tanaman-Hias-Yang-Bisa-Jadi-Solusi-Biar-Kamu-Gak-Terlalu-Stress

Bicara kehidupan modern, udah jelas banget kalo sumber stress terbesar secara umum datang dari pekerjaan ataupun kuliah. Apalagi sekarang kita terpaksa untuk Work From Home dan Study From Home. Rasanya stress yang harusnya cuma untuk di kantor dan kelas jadi tumpah-tumpah ke kehidupan pribadi. 

Kalo kamu merasakan hal ini, tenang saja YOTers. Hari ini kita akan bahas salah satu solusi yang bisa jadi jawaban untuk meredakan stress kamu. Yuk kita sedikit belajar tentang dunia Tanaman Hias!

Ini beneran lho, gardening bisa membantu banget buat meredakan tingkat stress kamu! Daripada ragu, mending kita simak aja dulu dan nanti kamu rasakan sendiri, ya! 

 

1. Bunga Lavender

lavender plant

Kalo dengar kata ‘lavender’, mungkin kamu akan kepikiran beberapa produk-produk pengharum atau obat nyamuk. Ada alasannya kenapa tanaman ini populer dijadikan berbagai produk. Aroma dari bunga lavender terbukti dan terkenal ampuh merilekskan pikiran, meredakan kegelisahan, dan juga membantu tidur yang tenang.

Selain itu, harum lavender juga sering digunakan untuk penangkal nyamuk alami. Kamu pasti akan semakin tenang, gak perlu stress karena gatal-gatal.

 

2. Palem Kuning/Areca Palm

areca palm

Dari penampilannya, tanaman ini terlihat seperti tanaman hias yang biasa-biasa aja. Sekilas ia tidak terlihat menarik penampilannya. Tapi, Palem Kuning memiliki kemampuan yang unik, yakni sebagai tanaman air-purifying (pembersih udara). Artinya, udara di area kerja kamu akan lebih bersih, sehingga tekanan darah menurun, kegelisahan menurun, dan juga mencegah kamu jatuh sakit.

Palem Kuning juga terkenal gak ribet pemeliharaannya. Jadi cocok banget buat para #TimMager, (haha)

 

3. Basil

sweet-basil-600x600

Mungkin kamu akan sering melihat daun tanaman Basil menjadi hiasan di makanan khas Italia. Basil terkenal karena ia kaya dengan zat ‘linalool’ yang menyebabkan harum yang ke-kayu-an. Tapi yang paling kerennya, tanaman ini mampu memproduksi oksigen selama 20 jam dalam sehari! Semakin banyak udara bersih akan membantu meredakan tekanan darah kamu dan menjaga mood kamu!

 

4. Lidah Mertua

Nah, tanaman ini mungkin selama ini kamu sering lihat di ruang-ruang kantor tapi belum tahu nama dan khasiatnya. Sama seperti Palem Kuning, Lidah Mertua adalah air-purifier yang sangat baik. Tetapi, Lidah Mertua memiliki sifat yang lebih kokoh, dan lebih minim lagi pemeliharaannya. Bahkan ia tak masalah ditempatkan di ruangan yang udaranya kering dan sedikit sinar matahari. 

Fun fact; Tanaman ini disebut Lidah Mertua karena ujungnya yang tajam… seperti lidah mertua (haha)

 

5. Chrysanthemum

chrysanthemum

Tanaman terakhir ini sungguh spesial, YOTers. Pertama-tama, waran daunnya yang cerah terbukti membantu mencegah gejala-gejala stress dan gelisah. Kedua, meletakkan chrysanthemum di area kerja juga terbukti membantu YOTers yang memang secara genetic lebih mudah stress, agar tidak berlebihan di situasi-situasi dengan tekanan tinggi. Terakhir, chrysanthemum juga terkenal untuk dijadikan teh yang berkhasiat menenangkan dan meningkatkan metabolisme. 

Sekian beberapa tanaman hias yang bisa membantu kamu lebih nyaman dan produktif selama WFH dan SFH. Ayo, boleh dicoba ya, YOters!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *