Mengenal Soft Skill dan Hard Skill

Memasuki dunia kerja sama dengan kamu harus memenuhi kualifikasi yang diminta oleh perusahaan. Itu artinya, kamu harus mempersiapkan diri kamu untuk bisa bekerja secara profesional. Nah, untuk kualifikasi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih, YOTers. Kamu jangan hanya terpaku dengan beberapa persyaratan yang dicantumkan di pengumuman lowongan kerja aja, tapi juga ada aspek lain yang harus kamu kuasai. Bukan hanya hard skill aja, tapi kamu juga harus memenuhi soft skill kamu. Lalu, apa itu hard skill dan soft skill?

Hard skill adalah sebuah keahlian utama yang harus kamu kuasai. Kalau di iklan atau pengumuman lowongan kerja, biasanya hal ini dicantumkan, seperti ‘memiliki kemampuan menulis, fotografi, program komputer dan sebagainya’. Nah, inilah yang disebut dengan hard skill dan ini bisa kamu kuasai dari pendidikan formal maupun informal.

Sedangkan soft skill adalah cerminan sikap, karakter atau kepribadian seseorang yang bisa jadi penentu bagaimana kamu bekerjasama dengan orang lain atau hubungan interpersonal. Contohnya adalah gaya kepemimpinan, berkomunikasi, bekerja sama dan sebagainya. Soft skill memang tidak bisa dipelajari secara teori seperti hard skill, tapi kamu bisa mengasah soft skill melalui berorganisasi saat sekolah atau kuliah.

Gimana YOTers, sudah tahu apa itu soft skill dan hard skill? Keduanya sama penting untuk kita kuasai saat bekerja. Jadi, jangan malas untuk mengasah soft skill dan hard skill kamu ya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *