Peter Shearer: Berinovasi Melalui Teknologi

Peter Shearer Berinovasi Melalui Teknologi

“Kreativitas itu gak bisa muncul saat kita ada di zona nyaman. Jadi, kalau ingin punya kreativitas, sometimes kita juga harus pergi keluar dan terbuka dengan hal-hal baru.” – Peter Shearer, Founder Wahyoo.

Hai YOTers! Yuk simak obrolan seru bareng Peter Shearer yang bercerita mengenai perjalanan mendirikan Wahyoo dan kreativitas yang bisa diciptakan dalam perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

 

Bagaimana Latar Belakang dan Apa Tujuan Wahyoo Didirikan?

Wahyoo hadir karena kemajuan teknologi yang gak bisa dihindarkan. Kalau misalnya kita lihat di berbagai bidang, teknologi sudah mulai masuk dan memang tugasnya teknologi untuk memudahkan manusia. Nah, kita lihat di Indonesia ini orang paling suka makan, terus kalau kita lihat di kiri dan kanan kita pasti ada tempat makan. Nah, ada satu tempat makan yang gak pernah ada matinya, yaitu warteg. Saya melihat bahwa tempatnya kurang menarik, panas tapi selalu ramai. Terlepas dari enak atau tidaknya, pasti karena sesuai sama kantong. Karena itu, saya melihat potensinya. Tapi, di satu sisi warga gak ada yang memperhatikan. Mereka seperti dilupakan, tapi sebenarnya dibutuhkan. Jadi, Wahyoo ini seperti partner bagi mereka yang mempunyai usaha warung makan. Kita coba edukasi mereka bahwa, ‘kamu kalau gak berubah bisa tertinggal lho’ dan kita kasih tahu mereka pengetahuan dasar seputar warung makan, karena mereka belum pernah dapet mengenai itu. Kalau misalnya ditanya, berapa banyak yang makan setiap hari, untung berapa setiap bulan, jawabannya gak ada yang pasti karena pengelolaannya gak benar, kurang tepat dan saya melihat bahwa banyak dari pemilik warung ini yang kerjanya dari pagi sampai malem dan terutama dari segi kebersihan dan kelayakan yang coba kita perhatikan. Dari segala permasalahan yang tadi saya jelaskan, Wahyoo ingin hadir di sana. Sederhananya, Wahyoo mau menggandeng mereka untuk menjadikan mereka Warteg 2.0, Warteg yang lebih baik. Wahyoo idenya dari 2 tahun lalu, tapi baru mulai eksekusi jalan 1 tahun lalu dan terdaftar secara PT baru dilaksanakan.

 

Wahyoo Berdiri Karena Adanya Perkembangan Teknologi. Bagaimana Perkembangan Teknologi Saat Ini Menurut Mas Peter dan Bagaimana Anak Muda Indonesia Bisa Berkontribusi di Dalamnya?

Saya rasa kalau lihat sejarah teknologi, semakin hari semakin maju dan selalu ada penemuan yang baru. Anak muda dengan segala kemudahan bisa beradaptasi dengan teknologi, sehingga mereka born to digital savvy yang berbeda sama generasi sebelumnya yang harus belajar dulu. Harusnya mereka mampu menggandeng teknologi supaya bisa merubah dunia dengan pemikiran-pemikiran mereka yang bisa membuat dunia menjadi lebih baik. Wahyoo hadir untuk mengubah dunia pemilik warung dan yang makan di sana menjadi lebih baik. Jadi, saran saya untuk anak muda, pergunakanlah teknologi dan gunakanlah kesempatan ini untuk mengubah dunia lebih baik.

 

Idealisme yang Harus Dimiliki Anak Muda dalam Membangun Bisnis

Menurut saya, komitmen itu paling penting. Kemudian tanggung jawab, lalu harus humble, open minded. Saya tahu anak muda dengan segala idealisme dan keras kepalanya merasa yang mereka lakukan paling benar. Tapi kita harus lihat dari berbagai perspektif, contoh misalnya teknologi. Mungkin dari segi anak muda advance, tapi sometimes kita harus open minded sama mereka yang lebih berpengalaman di industrinya, walaupun zaman itu belum ada teknologi. Jadi, terkadang masukan mereka sangat berharga. Komitmen, tanggung jawab, humble, open minded dan saya rasa yang paling penting adalah persistence ya. Karena yang namanya buka usaha seperti roller coaster dan banyak hambatan serta butuh perjuangan. Jadi, ketika kita gak persistence atau mudah menyerah bahaya. Jadi, saran saya untuk anak muda yang mau memulai usaha harus bersedia jatuh bangun dan punya tekad yang kuat.

 

Peter Shearer - Wahyoo

Peter Shearer, Founder Wahyoo

 

Seberapa Penting Poin Kreativitas dalam Membangun dan Menjalankan Wahyoo?

Saya pikir kreativitas adalah suatu hal yang penting, karena di dalam dinamika kehidupan terutama sekarang yang sangat cepat, teknologi semakin maju, pendidikan semakin maju. Artinya, persaingan semakin ketat. Nah, ketika persaingan semakin ketat, kita harus jadi orang yang menonjol, bisa breakthrough dan di situ kita harus memiliki sisi kreativitas yang tinggi. Karena, kreativitas itu gak bisa muncul saat kita ada di zona nyaman sebenarnya. Nah, kalau misalnya kita di zona nyaman terus, artinya kita akan tertinggal karena gak muncul kreativitas. Kreativitas juga bisa muncul ketika kita punya koneksi, open terhadap hal-hal baru, ikut seminar dan sebagainya. Nah, Wahyoo ini muncul ketika saya terjun di industri dan melihat bagaimana dunia ini sudah sedemikian majunya. Jadi, kalau ingin punya kreativitas, sometimes kita juga harus pergi keluar dan terbuka dengan hal-hal baru.

 

Pendapat Mas Peter Mengenai Anggapan Bahwa Kreativitas Hanya Untuk yang Bekerja di Industri Kreatif

Salah ya, karena kreativitas harus ada di seluruh bidang dan kita harus jadi problem solver. Karena yang namanya problem kan ada di mana-mana dan setiap orang ketika berusaha untuk memecahkan masalah tersebut dengan berbagai macam kreativitas.

 

Poin yang Ingin Disampaikan Kepada Anak Muda Mengenai Kreativitas

Jangan jadi anak muda yang bermental followers, bermental mediocre dan pasrah. Harus jadi anak muda yang punya mental maju, pemikiran maju, hati dan pikiran yang mau terus belajar. Karena, dari sana akhirnya merangsang otak kita bekerja dan menstimulus kita untuk menghasilkan hal-hal yang baru. Kita bisa lihat mereka yang sekadar ngikut sama yang selalu open minded dan coba hal-hal baru pasti kelihatan produktivitas nya. Jadi, buat saya untuk anak-anak muda di luar sana harus dari dalam dulu untuk punya mental demikian. Otomatis mental tersebut merangsang dirinya untuk terus berkarya.

Peter Shearer Wahyoo

Peter Shearer, Founder Wahyoo. Sumber foto: dailysocial

 

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *