KOMUNIKASI EFEKTIF

Gaes pernah gak sih waktu klean ngomong nih sama orang lain, eh.. ternyata brasa gak nyambung, atau malah jadi sewot karena salah sangka.. nah itu karena dalam proses komunikasi kita ada yang salah, ujung-ujungnya jadi bingung nyari tau salah nya dimana… jadi ribet kan?..

Nah… biar gak ribet kita musti paham dulu nih soal komunikasi atau communication Bahasa latin nya communicatio yang bersumber dari kata communis yang artinya “sama makna”, singkat cerita komunikasi adalah interaksi antara satu dengan yang lain sampe ketahap “memahami makna yang sama”.. nah… jadi klean musti pastiin nih udah sampe tahap punya pemahaman yang sama atau belum? gitu gaes..

Sekarang gimana caranya buat mastiin orang lain yang klean ajak ngobrol udah punya pemahaman yang sama ? Pertama: sebelum klean ngomong, pastiin dulu poin-poin yang mau klean omongin dulu ya gaes, biar gak blepotan waktu ngomong, ntar orang lain jadi gak bisa nangkep apa yang klean mau, istilah kata “tujuan komunikasinya harus jelas”. Kedua: adalah media yang klean pake, nah disini penting buat di perhatiin apakah orang yang kita ajak ngomong sedang tatap muka langsung, atau video call, atau audio aja, atau texting…? jadi juga musti klean perhatiin, soalnya media yang kita pake buat komunikasi juga berperan penting nih, kan repot kalo lawan bicara klean itu  gak nyambung alias salah paham gara gara kendala media komunikasinya.

Ketiga: Pastiin Penerima pesan atau lawan bicara kita siap menerima informasi dari kita, biar klean nggak “bertepuk sebelah tangan” apalagi kalau lawan ngobrol kita lagi tidur, bakal jelas gak nyambung deh he..he..he. nah yang terakhir nih atau yang Keempat: adalah feedback alias respon atau umpan balik dari lawan bicara kita, kebayangkan kalau klean udah ngomong sampe berbusa-busa ternyata dia gak nanggepin kan pendih gaes.. jadi biar gak pedih pastiin kita dapet respon dari lawan bicara, biar klean tahu orang yang klean ajak ngomong tuh beneran ngerti apa yang klean mau apa gak? Tapi jangan pake maksa… apalagi ngancem ya… hmmm bisa panjang urusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *