Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Langkah!

Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Langkah!

Hai YOTers! Siapa nih yang lagi galau, bimbang mau masuk jurusan kuliah apa? Bener banget, kalo mau milih jurusan kuliah itu jangan asal, karena ini juga yang akan nentuin kelancaran kuliah kamu. Nah ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih jurusan kuliah, jangan sampe kamu malah salah langkah!

  1. Pilih yang Sesuai Minat dan Bakatmu

Pilih jurusan kuliah yang sesuai sama keinginan kamu, biar kamu bisa menjalaninya dengan sepenuh hati. Kebanyakan orang-orang itu nemuin hambatan pas kuliah karena mereka merasa terpaksa ngejalaninnya. Dengan memilih jurusan yang sesuai sama minat kamu, kamu tentunya bisa perdalam teori dan prakteknya sebagai bekal untuk bekerja nanti.

  1. Jangan Ikut-ikutan Temen

Ini juga penting, pilih jurusan kuliah jangan cuma biar sekelas sama temen-temen deket aja. Kalo jurusannya yang sesuai sama kenginanmu sih gapapa. Kan belum tentu jurusan yang temen kamu ambil itu, sesuai sama keinginan kamu. Yang tahu pasti apa keinginanmu adalah diri kamu sendiri, bukan teman kamu. Kalo kamu sekadar ngikutin aja, terus nanti kamu mengalami hambatan, gimana hayo?

  1. Cari Tau Jurusan Kuliah yang Akan Kamu Ambil

Penting juga untuk cari tahu pasti seputar jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Apa aja mata kuliahnya, berapa jumlah SKS nya sampai prospek karir dari jurusan yang kamu ambil tersebut. Cari tau apa kekurangan dan kelebihannya ya!

  1. Akreditasi Jurusan

Terakhir yang gak kalah pentingnya adalah kamu harus tau akreditasinya. Di beberapa perusahaan, akreditasi ini masih jadi salah satu pertimbangan yang diperhitungkan lho dalam menyeleksi calon karyawan. Karena, bagi beberapa perusahaan, akreditasi jadi tolak ukur kredibilitas perguruan tinggi yang tentunya berpengaruh juga ke lulusannya.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah. Tapi, sebenernya yang harus kamu ingat adalah apapun jurusan kuliah kamu, jangan jadikan alasan bahkan hambatan kamu untuk belajar hal lain di luar dari bidang ataupun jurusan yang kamu tekuni. Karena, sukses atau tidaknya kamu nanti, yang menentukan bukan jurusan kuliah melainkan skill yang kamu punya. Semangat YOTers!

3+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *