Ubah Kompetisi Menjadi Kolaborasi

Selama kita hidup, dimulai dari kita sekolah hingga kuliah atau mungkin hingga kini dibiasakan untuk hidup berkompetisi. Hal tersebut bisa kita lihat dari adanya sistem ranking di kelas, yang di mana semua siswa berkompetisi untuk mendapatkan posisi pertama. Begitu pula ketika kuliah, kita terbiasa berkompetisi untuk mendapatkan predikat cum laude. Tapi tahukah kalian bahwa semakin berkembangnya zaman, pengetahuan serta teknologi, poin berkolaborasi itu lebih penting dan lebih baik daripada harus berkompetisi.

Saat kalian memasuki dunia bekerja, atau untuk kalian yang belum bekerja, ubahlah kompetisi menjadi kolaborasi. Dikutip dari buku Young On Top: Updated 40 Kunci Sukses di Usia Muda, caranya adalah dengan saling membantu. Selama kita bekerja, gak mungkin kita bisa melakukan semuanya sendirian, pastinya kita membutuhkan bantuan orang lain kan? Cobalah tanya kepada teman-temanmu, apa yang mereka butuhkan dan apa yang bisa kamu bantu. Kalau kamu ikhlas dan senang hati membantu mereka, dijamin suatu saat ketika kamu membutuhkan bantuan, mereka juga akan senang hati membantu kamu.

Poin penting dari berkolaborasi adalah jangan ingin menang sendiri, jangan rakus dan jangan pelit. Bukan berarti orang yang memiliki jiwa kompetitif itu jelek. Semua orang punya jiwa kompetitif yang sangat tinggi. Tapi, orang sukses tahu siapa yang bisa dijadikan kompetitor dan mana yang tidak. Jadi, kalau bisa diajak berkolaborasi, kenapa harus dijadikan kompetitor?

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *