Introvert VS Ekstrovert dalam Kesuksesan Berkarir

Kita mengenal dua tipe kepribadian dasar, yakni introvert dan ekstrovert. Dua tipe kepribadian ini berawal dari teori Carl G. Jung, seorang psikiater dari Swiss mengenai konsep introversi dan ekstroversi. Perbedaan keduanya terletak pada bagaimana mereka mendapatkan energi. Energi introvert berasal dari dunia batin mereka, bagaimana mereka menghabiskan waktu dengan diri mereka sendiri, introspeksi tentang pikiran dan perasaan mereka. Sementara ekstrovert memiliki energi yang berasal dari waktu yang mereka habiskan bersama orang lain atau terlibat dalam berbagai kegiatan sosial.

Lalu, bagaimana introvert dan ekstrovert dalam kesuksesan berkarir? Dilansir dari mindler.com, introvert lebih menikmati karir yang berorientasi tugas, menyukai pencapaian tugas daripada memiliki sebuah hubungan atau membangun hubungan sosial. Introvert juga tidak bisa dilibatkan dalam hasil dan target yang cepat, karena mereka membutuhkan waktu untuk memproses sesuatu melalui analisis dan perencanaan.

Sementara itu ekstrovert lebih suka menikmati karir yang mampu menjalin kerjasama dengan orang lain, membangun relasi dan berkolaborasi. Mereka juga memiliki lingkungan kerja yang dinamis, senang berinteraksi dan beraktivitas. Ekstrovert juga senang mengeksplor hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman.

Mengenai kesuksesan berkarir, introvert maupun ekstrovert punya kesempatan yang sama. Karena, konteks yang harus diperhatikan dalam kesuksesan berkarir adalah adanya kekuatan, minat dan kepribadian seseorang.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *