Cara Membangun Kepercayaan Tim

Penting untuk bisa memiliki tim yang solid untuk bisa mencapai tujuan bersama serta mempertahankan visi dan misi tim. Tidak ada kualitas yang lebih baik dan membanggakan selain adanya kepercayaan di dalam sebuah tim. Kepercayaan memungkinkan kamu sebagai pemimpin untuk bisa mendelegasikan tugas tanpa khawatir apakah tugas tersebut dapat diselesaikan atau tidak. Selain itu, penting juga untuk bisa berkomunikasi secara terbuka untuk memberi kesan bahwa tiap anggota tim memiliki peran penting di dalamnya. Lalu, gimana cara membangun kepercayaan tim? Berikut caranya dilansir dari Inc.com:

  1. Sabar

Kamu harus menunjukkan rasa sabar yang kuat. Terburu-buru ingin menyelesaikan berbagai tugas dalam waktu singkat akan menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman. Bagus untuk memberikan tekanan di dalam tim, tapi jika terlalu banyak mereka akan merasa tidak dihargai atas kinerja dan kehadiran mereka.

  1. Tenang

Kamu akan menghadapi beberapa momen yang menantang dirimu secara emosional sebagai seorang pemimpin atau mungkin sebagai sebuah tim. Di saat seperti ini lah sebagai pemimpin kamu harus tenang dan jangan sampai anggota tim kamu melihat kepanikan di diri kamu. Karena, hal tersebut hanya akan membuat situasi semakin buruk dan membuat kepercayaan mereka terhadap dirimu dan tim akan menyusut.

  1. Terbuka

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan orang lain adalah dengan menunjukkan sisi pribadimu. Terbuka dalam tindakan sebagai pemimpin dan membiarkan tim kamu tahu apa yang kamu pikirkan, motivasi hingga hambatan yang kamu miliki. Ingat, sebagai pemimpin kamu akan menjadi panutan di dalam tim kamu. Semakin kamu terbuka terhadap tim kamu, maka mereka juga akan lebih merasa dihargai dan simpatik terhadap proses yang berjalan di tim kamu. Selain itu, kamu juga perlu membangun lingkungan yang terbuka, di mana semua anggota tim didorong untuk mengungkapkan pemikiran dan opini mereka. Lingkungan terbuka ini secara bertahap akan mengajarkan tim kamu bahwa sangat baik untuk bisa menyuarakan pendapat.

  1. Fleksibel

Memiliki fleksibilitas terhadap tim kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan tim. Sebagai seorang pemimpin kamu harus siap sedia kapanpun tim kamu membutuhkan saran atau keputusan dari kamu.

  1. Memberikan Umpan Balik

Memberi umpan balik atau respon adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki kesalahan dan hal ini harus bekerja secara dua arah. Jika kamu memberi umpan balik yang jujur (baik positif ataupun negatif asalkan konstruktif) bisa menunjukkan bahwa kamu adalah pemimpin yang kompeten dan bisa diandalkan. Begitu juga saat anggota tim kamu memberi umpan balik terhadap apa yang kamu kerjakan dan kamu mau menerima serta mendengarnya dengan tulus maka mereka juga merasa sangat dihargai dan menghasilkan kepercayaan yang tinggi.

  1. Melibatkan Tiap Anggota Tim

Kepercayaan tim bisa dibangun dari adanya keterlibatan tim yang aktif di dalam beberapa project ataupun tugas tim. Di luar dari itu, melibatkan anggota tim juga bisa dibangun dari melakukan latihan team building seperti makan siang atau rekreasi. Kedekatan antar anggota tim perlu dilakukan agar mereka saling percaya dan saling mendukung. Kepercayaan membutuhkan waktu dan pengalaman dengan banyaknya waktu yang dihabiskan satu sama lain hingga mereka bisa menjadi lebih akrab dengan keadaan mereka.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *