Memenuhi Ekspetasi Orang Lain

Halo!

Pernahkan kamu merasa bahwa menjalani hidup ini hanya untuk memenuhi ekspetasi orang lain? Sehingga kita tidak pernah merasa puas dengan hasil dan kerja keras yang sudah kita lakukan? Merasa bahwa apa yang sudah kita lakukan tidak memiliki impact yang baik? Okay tenang, kamu ga sendirian ko. Kita sebagai manusia memang hidup berdampingan dengan orang lain. Tidak ada manusia yang mampu bertahan hidup sendiri. Namun bukan berarti kita melakukan segala hal hanya untuk memuaskan dan memenuhi ekspetasi orang lain. NO BIG NO. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak merasakan bahwa hidup hanya untuk memenuhi ekspetasi orang lain. Here we go!

 

Kerja Keras Untuk Diri Sendiri

Kita memang hidup berdampingan dengan orang lain, bahkan perihal kerja pun kita melakukan sesuatu hal untuk memajukan perusahan yang notabennya adalah perusahaan milik orang lain. Namun coba pasang mindset bahwa kamu bekerja dan melakukan sesuatu hal di kerjaan adalah untuk memenuhi semua kebutuhan kehidupan kamu sendiri. Hasil jerih payah yang kamu lakukan akan mendapatkan benefit berupa uang yang akan menghidupi dan memenuhi kebutuhan kamu sendiri untuk bertahan hidup. Jadi jangan takut untuk di cap workaholic dengan image buruk ya, proses bekerja yang extra miles akan menaikan taraf dan nilai kamu dimata perusahaan. Lalu kalau kamu di promosikan bukan kah itu jadi benefit juga untuk kamu? Yuk kerja keras mulai saat ini memang untuk diri kamu sendiri, bukan untuk orang lain.

Nikmati Proses

Banyak orang yang selalu merasa frustasi karena selalu dibandingkan dengan orang lain. “Liat deh si A dia udah sukses dan punya kehidupan yang enak.” Mulai sekarang yuk tidak usah merasa terbebani dengan komentar-komentar seperti ini. Nikmati saja prosesnya. Setiap orang punya garis hidup yang berbeda-beda, background keluarga dan pendidikan yang berbeda. Jadi kamu tidak pantas dibanding-bandingkan dengan kehidupan orang lain. Proses kamu saat ini mungkin jalan menuju kesukseskan kamu kelak. Jadi santai saja ya dengan komentar-komentar orang lain, mereka pun tidak bertanggung jawab dengan kehidupan kita ko 🙂

Hargai Diri Kamu Sendiri

Kehidupan memang terus berjalan, kita juga tidak bisa menutup mulut orang lain yang terus membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Tips yang paling ampuh adalah yuk hargai diri kamu sendiri. Hargai bagaimana kamu sudah berjuang sampai saat ini. Hargai bagaimana kamu sudah menjalani pahit-manisnya kehidupan yang tidak pernah berakhir. Hidup bukan melulu hanya bagaimana cara menjadi orang kaya, orang sukses ko. Kamu juga harus berusaha untuk memerhatikan kesehatan mental, jiwa dan raga kamu ya. Jangan terlalu keras pada diri kamu sendiri, karena sewajarnya kita tahu mana limit diri kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *